Kontingen Bapomi Sulsel Berangkatkan 68 Atlet, 8 Pelatih ke POMNas XVIII Kalsel

siaranrakyat, MAKASSAR – Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sulawesi Selatan memberangkatkan kontingen kedua ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional se-Indonesia (POMNas) XVIII di Kalimantan Selatan pada Sabtu 11 November 2023.

Sebanyak 65 atlet, 8 pelatih dan 3 official dari cabang olahraga tenis lapangan, kempo, catur, sepak takraw, renang dan bulutangkis tersebut menggunakan angkutan kapal feri Dharma Laut 3 menuju Batulicin. Perjalanan para atlet akan ditempuh selama 24 jam, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat kurang lebih 6 jam perjalanan.

Sekretaris Umum Bapomi Sulsel, Abdullah Sanusi PhD menyampaikan, kontingen kloter kedua ini sengaja memberangkatkan lebih awal agar para atlet punya waktu beristirahat dari perjalanan panjang laut dan darat.

Abdullah Sanusi yang juga turut mendampingi keberangkatan para atlet di Pelabuhan Soekarno Hatta ini mengungkap bahwa jalur laut menjadi alternatif keberangkatan para atlet karena pertimbangan kondisi keuangan.

?Kondisi keuangan tentunya menjadi pertimbangan paling utama hingga adik-adik kita harus diberangkatkan lewat jalur laut. Universitas asal para atlet sudah memberikan dukungan maksimal agar Bapomi Sulawesi Selatan tetap ikut pada kegiatan ini mewakili Sulsel. Dengan segala keterbatasan kami memutuskan untuk ikut di ajang dua tahun sekali ini. Kami akan tetap maksimal ikut kegiatan ini dan memberikan yang terbaik untuk kebugaran para atlet,? ujarnya.

Baca Juga :
SMAN 8 Makassar Berhasil Raih Juara Pertama di AXIS Nation Cup 2023

Sementara itu, Ketua Bapomi Sulawesi Selatan, Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) mengatakan hingga saat ini pihaknya menjalin komunikasi dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, agar bisa memberi bantuan untuk para atlet. Ia berharap para atlet kembali ke Sulsel tidak lagi menggunakan transportasi laut.

?Dari Ketua DPRD Provinsi, Ibu Andi Ina Kartika Sari, kami dibantu seragam kontingen lengkap dengan sepatu untuk para atlet dan pelatihnya. Ini sangat mengurangi beban dari kami pengurus Bapomi Sulawesi Selatan,? ujar Prof Ruslin.

Ia berharap agar segera bertemu Pj Gubernur Sulawesi Selatan dan mendapat kabar baik yang turut memacu semangat atlet yang sedang berjuang atas nama Sulawesi Selatan di Banjarbaru dan Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Diketahui, perhelatan pekan olahraga mahasiswa se-Indonesia ini akan berakhir pada 22 November 2023. Hari ini, Minggu 12 November, atlet basket perwakilan Sulsel telah berlaga dengan nomor tanding 3×3. Melawan perwakilan Sumatera Selatan, perwakilan Sulsel menang dengan skor 21 untuk Sulsel dan 8 untuk Sumsel. Selanjutnya, tim basket Sulsel akan berhadapan dengan DKI Jakarta dan Kalimantan Timur.

Baca Juga :
Liga Champions: Real Madrid Sempurna