Leher Sering Terasa Seperti kesetrum? Prof Ridha Ungkap Penyebab dan Cara Menanganinya

MEDAN, siaranrakyat – Beberapa dari kita sering mengeluhkan kondisi leher yang kurang nyaman karena merasakan terasa seperti kesetrum.

Apakah yang menyebabkan hal itu terjadi dan bagaimana penanganannya? Inisiator Gerakan Gadget Sehat Indonesia (GGSI), Prof Dr dr. Ridha Dharmajaya, Sp.BS coba memaparkannya.

Pria yang berprofesi sebagai dokter ahli bedah syaraf itu menerangkan, leher yang terasa seperti kesetrum dikarenakan adanya gangguan saraf pada leher dan kalau sifatnya sering terjadi seperti itu cenderung merupakan gangguan yang sifatnya radikuler atau akar saraf.

“Kita tahu dari medula spinalis atau batang saraf di leher pada sisi kanan dan kirinya itu keluarlah akar saraf sesuai dengan levelnya. Jadi kalau itu teriritasi apakah ada suatu penyempitan yang mengakibatkan penjemputan saraf maka rasa kesetrum tadi bisa dirasakan,” ujar Prof Ridha, kepada awak media, Senin (2/10).

Baca Juga :
Kenapa Asam Urat Bikin Persendian Sakit?

Hal terbaik untuk memastikan penyebabnya, sambung Prof Ridha, adalah dengan pemeriksaan imaging golden examination atau pemeriksaan terbaiknya adalah dengan MRI Cervical.

“Tapi kalau ini bukan sesuatu yang rutin dan tidak terlalu mengganggu kita bisa menggunakan tindakan-tindakan fisioterapi terlebih dahulu. Atau menjaga gerakan-gerakan leher kita untuk tidak terlalu mengiritasi atau merangsang timbulnya gerakan yang mengakibatkan kesetrum tadi,” ujar Prof Ridha lagi.

Dirinya pun memberikan solusi agar bagaimana perasaan kesetrum pada leher tidak terjadi. “Jaga kesehatan kita dan jaga posisi leher untuk tidak menunduk terlalu lama atau tidak tidak memberikan rangsangan yang berat pada saraf leher kita,” tuturnya mengakhiri. (wol/pel/d1)

Editor AGUS UTAMA

Baca Juga :
Tingkatkan Kualitas Hidup, Operasi Katarak Gratis PTAR Kembali Dirasakan Ribuan Warga Sumut