Mahasiswa Unhas Raih Penghargaan Most Inspiring dan Favorite Research Output

siaranrakyat, MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) menorehkan prestasi membanggakan di ajang Youth as Researchers and Tanoto Student Research Award (YAR-TSRA) Knowledge Summit 2023 yang berlangsung di Jakarta, 13-15 November 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan The United Nations Educational Scientific And Cultural Organization (Unesco) bekerja sama Tanoto Foundation.

Tim Unhas yang terdiri dari masing-masing lima mahasiswa meraih penghargaan sebagai Most Inspiring (Tim Civic Participation) dan Favorite Research Output (Tim Climate Action). Penghargaan diberikan langsung oleh Programme Specialist for Social and Human Sciences Unesco Jakarta, Undral Ganbaatar dan Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation, Michael S.

Kasubdit Penyiapan Karir Unhas, Sahriyanti Saad PhD, yang hadir secara langsung mendampingi mahasiswa, menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini Unhas berhasil meloloskan 4 tim dengan total 20 mahasiswa. Keempat tim tersebut terbagi dalam tim climate action, civic participation, health care dan inclusive education.

Baca Juga :
Mahasiswa Prodi Agroteknologi Bersama Founder Bosowa Kembangkan Durian Musang King di Gowa

?Setelah serangkaian tahapan panjang, mulai dari pendaftaran, lokakarya hingga malam puncak, akhirnya tim Unhas berhasil menampilkan presentasi terbaik dan mendapatkan penghargaan khusus dari Unesco dan Tanoto Foundation,? ujarnya, Selasa 15 November 2023.

YAR-TSRA Summit 2023 merupakan puncak dari rangkaian kegiatan YAR-TSRA Unesco dan Tanoto Foundation yang sudah dimulai sejak pekan pertama Agustus 2023.

Program YAR-TSRA ini dikhususkan untuk mahasiswa peneliti muda yang bersemangat membawa perubahan dan menyelesaikan tantangan sosial dan ekonomi melalui penelitian. Selain hibah penelitian, program ini juga akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada peserta untuk merancang dan melakukan penelitian sosial yang dapat membantu pembuatan kebijakan, desain program, dan penelitian masa depan.

Adapun manfaat yang diterima peserta terpilih adalah mendapatkan sesi pembelajaran mengenai penelitian sosial selama 12 minggu, hibah penelitian kelompok untuk melakukan proyek penelitian sesuai dengan topik yang ditentukan, mengikuti lokakarya, dan terakhir akan melakukan presentasi hasil penelitian.

Baca Juga :
Wisuda Unhas Periode Juni Tahap 1, Lahirkan 977 Alumni, Tampak Hadir Mantan Wagub Sulsel

Program hibah riset ini diikuti enam universitas ternama di Indonesia, yaitu Universitas Hasanuddin, IPB, ITB, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro dan Universitas Indonesia.