Maju Bacaleg DPR RI, Ijeck Bakal Bertarung Dengan Menteri, Eks Kepala Daerah, Hingga Artis di Dapil Sumut I

MEDAN, siaranrakyat – Ketua DPD Golkar Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyatakan diri siap maju menjadi Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut I, pasca berakhir jabatannya sebagai Wakil Gubernur Sumut, Selasa (5/9) kemarin.

Pria yang akrab disapa Ijeck ini akan bersaing merebut kursi di Anggota DPR RI dari Dapil Sumut I dengan bersaing melawan incumbent, mantan kepala daerah, mantan Wakapolri, purnawirawan jenderal hingga artis ibu kota.

Dilihat Waspada Online, Rabu (6/9, di website KPU RI, Dalam pengumuman Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk Dapil Sumut I. Dari PKB ada Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, Mikhael B Sinaga Juru Bicara PKB. Gerindra ada Romo HR Syafi’i (incumbent).

Selanjutnya, PDI Perjuangan, ada Sofyan Tan (incumbent), Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM, Irmadi Lubis. Golkar ada Musa Rajekshah, mantan Wakil Gubernur Sumut, Mutya Hafid, Maruli Siahaan, artis ibu kota, Sultan Pasha Djorghi.

Kemudian, NasDem, ada Prananda Surya Paloh (incumbent), mantan Wali Kota, Rahudman Harahap, mantan Wakapolri, Komjen Pol. Oegroseno dan mantan Wali Kota Medan, Abdillah. PKS, ada Tifatul Sembiring, Hidayatullah dan Selalu Ong.

Lalu, Hanura ada Kodrat Shah yang merupakan Sekjen Hanura dan Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumut. PAN, ada Mulfachri Harahap. Demokrat, ada Hendrik Sitompul, Muhammad Lokot Nasution, Ketua DPD Demokrat Sumut dan mantan Wali Kota Medan, Akhyar Nasution. PSI, Ada Mohd Nezar Djoeli, yang merupakan Ketua DPD PSI Sumut.

Baca Juga :
MK Akan Sidangkan Batas Usia Capres 70 Tahun, Nasib Prabowo di Ujung Tanduk?

Perindo, ada Tengku Erry Nuradi mantan Gubernur Sumut, Mayjen TNI (Purn) Victor H Simatupang dan Mayjen TNI (Purn) Karev Marpaung.

Sedangkan, Dapil Sumut 1 meliputi Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdangbedagai, dan Kota Tebingtinggi. Dengan Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 3.895.322 Jiwa.

Total DPT Sumut 1 DPR RI 3.895.322 Jiwa, dengan perincian Kota Medan 1.853.458 jiwa, Deliserdang 1.431.418 jiwa, Serdangbedagai 482.433 jiwa, Kota Tebingtinggi 128.013 jiwa. Di mana para bintang Bacaleg itu, akan merebutkan sebanyak 10 kursi di DPR RI dari Dapil Sumut 1 ini.

Sebelumnya, Ijeck memberikan alasan secara terbuka menyatakan maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, setelah kembali menjadi masyarakat biasa, untuk dipilih.

“Insya Allah setelah ini, saya mendaftarkan sebagai calon legislatif untuk DPR RI Sumut 1, Kota Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Tebingtinggi,” kata Ijeck, di Kantor DPD Golkar Sumut, di Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (5/9) malam.

Kemudian, Ijeck mengikuti instruksi dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk maju di Pileg 2024. Selanjutnya, ia akan membawa kemenangan partai berlambang beringin memenangkan Pileg dan Pilpres 2024.

Baca Juga :
KPU Gowa Tunda Rekap Suara di Semua Kecamatan?

“Sekarang sudah menjadi masyarakat biasa, dan saya Ketua DPD Golkar Sumut, saya bisa menggunakan hak politik saya. Karena, saya tidak lagi menjabat pejabat pemerintahan,” ucapnya.

Ijeck mengharapkan dukungan masyarakat, agar bisa membawa kemenangan bagi Partai Golkar di Sumut. Demi kesejahteraan rakyat di provinsi ini ke depannya.

“Dari partai ikut dalam kancah politik ini, bisa saya pertanggungjawabkan. Saya berharap masyarakat Sumut dapat membantu kami, untuk kepentingan masyarakat dan mensejahterakan rakyat ini,” pungkasnya. (wol/man/d2)

Editor AGUS UTAMA