Mengenal Sosok Caleg PSI James Wehantouw, Wartawan Senior dan Mantan Promotor Musik di Makassar

siaranrakyat,_|| Oleh : Ir. Muhammad Zainal Altim, MT(, Dosen Fakultas Teknik UMI Makassar & Mantan Wartawan Harian Fajar)

SEBANYAK 50 orang figur Calon Legislatif (Caleg) telah diusung oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) maju bertarung di Pemilu 2024 pada 5 (lima) Daerah Pemilihan (Dapil) meliputi 15 kecamatan di wilayah berjuluk Kota Anging Mammiri ini untuk memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

Para figur andalan dari partai bernomor urut 15 dan berlambang gambar tangan memegang bunga mawar ini terdiri dari beragam profesi. Diantaranya, ada pengurus dan kader partai, pengusaha, pengacara, dosen, musisi dan seniman, tokoh agama, aktivis mahasiswa maupun organisasi pemuda, wartawan hingga masyarakat biasa.

Dari sederet nama figur caleg tersebut, seorang diantaranya adalah tokoh baru yang siap memasuki dunia politik untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi mendatang. Pria kelahiran Airmadidi, Provinsi Sulawesi Utara, 4 September 1962 dan berlatar belakang jurnalis itu punya nama lengkap, James Leonard Alanus Wehantouw.

Wartawan senior di Kota Makassar yang saat ini masih menjabat Anggota Dewan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan, dikenal sebagai sosok jurnalis terbilang idealis, realistis, berintegritas dan memiliki kepedulian tinggi terhadap isue-isue sosial, hukum dan politik yang mempengaruhi kehidupan seluruh lapisan masyarakat.

Karirnya sebagai wartawan dimulai pada tahun 1979 ketika dipercayakan menjadi kontributor/koresponden/wartawan Majalah Musik & Film AKTUIL, Majalah VISTA, Majalah SHOWBIZ dan Tabloid ROCK yang semuanya terbit di Jakarta. Seiring waktu, tahun 1986 dia dipanggil bergabung di Surat Kabar Harian PEDOMAN RAKYAT Makassar hingga koran tersebut berhenti terbit pada tahun 2007.

Di media tempatnya mengabdi pada masa silam yakni Harian Pedoman Rakyat dan Surat Kabar Umum Sorot serta hingga sekarang ini memimpin serta mengelola media online pedomanrakyat.co.id dan sorotmakassar.com, James terkenal berani mengangkat berita-berita kontrol dan tidak pernah takut untuk menyuarakan ataupun memperjuangkan maupun membela kepentingan masyarakat.

Meski terkesan ‘galak’ dan seakan tak kenal kompromi dalam menulis berita-berita kontrol ataupun kasus-kasus yang merugikan orang banyak hingga masyarakat kecil, namun kesehariannya sang jurnalis senior ini selalu terlihat bersikap ramah dan sopan, berpenampilan sederhana dalam berpakaian, tidak banyak bicara, rendah hati, mudah bergaul, suka menolong serta punya jiwa sosial yang tinggi.

Segudang pengalaman dan pemahaman mendalam tentang dinamika politik dan bermacam masalah yang dihadapi warga Kota Makassar, tentunya menjadi modal penting baginya dalam mencalonkan diri sebagai caleg agar kelak dapat terpilih dan bisa berkarya menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya masyarakat di Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya.

Selain berprofesi kuli tinta sejak masih mengenyam pendidikan di bangku SMA, James di masa mudanya juga dikenal sebagai seorang Event Organizer (EO) dan Promotor Musik yang sukses menggelar seabrek hajatan konser dan festival musik spektakuler. Lewat wadah Bieffe Enterprises yang didirikannya pada tahun 1982, hampir seluruh artis penyanyi dan grup band terkenal di Indonesia pernah didatangkan manggung di daerah ini.

Bahkan gawe-gawe pertunjukan musik kolosal yang digelar promotor-promotor nasional seperti Log Zhelebour, Sofyan Ali, Lewi Yahya hingga paket-paket tour show milik perusahaan rokok PT Djarum, PT Gudang Garam, PT Bentoel maupun PT HM Sampoerna, penanganan penyelenggaraannya selalu dipercayakan kepada James dan berhasil meraih sukses besar.

Ditemui penulis di kediamannya, kawasan Perumahan Taman Telkomas Jl. Satelit IV No.64, Kelurahan Berua, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Senin (16/10/2023), putra dari pasangan Prof. Dr. O.J. Wehantouw, MS (Alm) dan Dra. Justien Rumampuk (Alm) itu membeberkan seabrek kisah perjalanan hidupnya hingga ketertarikannya bergabung ke PSI.

Menurut ayah dari 4 orang anak ini, PSI yang menjadi kendaraan politiknya bertarung di Pemilu 2024, dikenal sebagai partai yang memiliki visi progresif dan berkomitmen untuk memperjuangkan keadilan sosial rakyat Indonesia. Karenanya, dia berharap kelak dapat mengemban misi mulia partai tersebut dan menjadi suara yang mewakili aspirasi masyarakat Makassar serta khususnya warga Tamalanrea dan Biringkanaya di tingkat legislatif.

“Jujur keluar dari lubuk hati yang paling dalam, saya merasa terpanggil untuk berkontribusi lebih aktif dalam mendorong perubahan positif pada berbagai aspek kehidupan masyarakat di Kota Makassar. Dan melalui partisipasi saya di pesta demokrasi kali ini, saya berharap kedepannya dapat menghadirkan keadilan, keberlanjutan serta kesejahteraan bagi seluruh warga kota ini,” ungkapnya.

Baca Juga :
Respon Ketua NasDem Sumut Soal OTT Bupati Labuhanbatu

James pun mengakui, pemilihan umum di Kota Makassar tentunya bakal menjadi ajang pertarungan politik yang menarik, dan dengan kehadiran dirinya sebagai caleg usungan PSI nomor urut 2 di Dapil 3 meliputi Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya akan memperkaya pilihan bagi masyarakat dalam memilih figur terbaik untuk kelak menjadi wakil mereka di parlemen.

Perlu diketahui pula, dengan latar belakangnya yang kuat dalam jurnalisme dan kepeduliannya terhadap kesejahteraan rakyat, sang wartawan yang juga aktif di berbagai kegiatan sosial dan saat ini menjabat Vice President Lions Club Makassar Rajawali (organisasi sosial bertaraf internasional), diharapkan dapat membawa energi segar dan perspektif baru ke dalam politik lokal.

Keputusan dan langkah James untuk terjun ke dunia politik disambut baik pihak keluarga, teman-teman, sahabat-sahabat, para pendukung dan penggemarnya. Mereka percaya dan yakin bahwa dengan pengalamannya sebagai wartawan yang berdedikasi, suami dari Femmy Lotulung ini akan mampu mewakili kepentingan masyarakat Makassar dengan baik dan menjalankan peran legislatifnya secara efektif.

Meski tak bisa dipungkiri jika rasa duka masih menyelimuti dirinya sekeluarga akibat kehilangan putra tercinta Virendy Marjefy Wehantouw, mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Hasanuddin yang meninggal secara tragis pada 14 Januari 2023 saat mengikuti kegiatan Diksar & Ormed XXVII Mapala 09 Fakultas Teknik Unhas, namun James tampak tetap semangat bergerak menjalani tahapan-tahapan menuju Pemilu 2024.

Kendati harus fokus melakukan berbagai kegiatan sosialisasi program partai dan memperkenalkan dirinya sebagai caleg kepada masyarakat di dapilnya, James bisa membagi waktunya untuk terus mengawal proses hukum atas kasus kematian anak ketiganya yang sampai sekarang ini sudah hampir 10 bulan lamanya belum dapat dituntaskan oleh aparat Polres Maros maupun Polda Sulsel.

Nah, semoga dengan partisipasi aktif James Leonard Alanus Wehantouw dan keterlibatannya dalam politik lokal, Kota Makassar dapat mengalami perubahan positif yang membawa manfaat bagi semua warganya. Dan di sisi lainnya, kelak jika Tuhan YMK menghendaki maka keberhasilannya meraih kursi DPRD Kota Makassar, setidaknya menjadi pelipur lara dan hikmah di balik dukacita yang dialaminya.

Biografi Lengkap

DATA PRIBADI
– Nama : James Leonard Alanus Wehantouw.
– Tempat/Tanggal Lahir : Airmadidi, 4 September 1962.
– Alamat : Taman Telkomas, Jl. Satelit IV No.64 , dan Perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Jl. Kebahagiaan Utara III Blok A No.582, Kota Makassar.
– Pekerjaan : Wartawan.
– Agama : Kristen Protestan.
– Telepon/HP : (0411)580918, 0811448368, 082280008368.
– Nama Orang Tua : Prof. Dr. O.J. Wehantouw, MS (Ayah) dan Dra. Ny. Justien Rumampuk (Ibu).
– Anak ke-2 dari 4 bersaudara : Dr. Johana Wehantouw (Makassar), James L.A. Wehantouw (Makassar), Ir. Harry Wehantouw (Jakarta), Jane Elisabeth Wehantouw, SE (Lampung).
– Nama Isteri : Femmy Lotulung.
– Nama Anak-anak : Virginia Gabriela Wehantouw, Viranda Novia Wehantouw, Virendy Marjefy Wehantouw (Alm), Virly Aprijefy Wehantouw.

DATA PENDIDIKAN
Pendidikan Formal :
– Taman Kanak-Kanak (TKK) Nusantara Makassar (Tamat 1968).
– Sekolah Dasar (SD) Nusantara Makassar (Tamat 1974).
– Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nusantara Makassar (Tamat 1977).
– Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Rajawali Makassar (Kelas 1 dan 2).
– Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Makassar (Kelas 3, Tamat 1982).
– Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) Jurusan Arsitektur Universitas Hasanuddin Makassar (Tamat 1985).
– Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Pepabri Makassar (1987, Tidak Selesai).

Pendidikan Non Formal :
– Latihan Kesekretariatan Mahasiswa (LKM) Badan Koordinasi Kemahasiswaan Unhas (24 September 1983).
– Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Angkatan III Fanogis Unhas (17 Desember 1983).
– Latihan Ketrampilan Jurnalistik Harian Pedoman Rakyat (1987).
– Latihan Ketrampilan Jurnalistik PWI Cabang Sulsel (1989).
– Latihan Ketrampilan Wartawan & Ujian Peningkatan Status Keanggotaan PWI Cabang Sulsel (1993 & 1996).
– Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Cabang Sulsel (2020).
– Inspiring Lions Training Region 7 – Lions Club International District 307-B2, Region 7 (23 Februari 2023).
– Mengikuti berbagai kegiatan seminar dan simposium di Makassar.

Baca Juga :
MK Akan Sidangkan Batas Usia Capres 70 Tahun, Nasib Prabowo di Ujung Tanduk?

DATA PEKERJAAN
Pengalaman Kerja :
– Surat Kabar Harian Pedoman Rakyat di Makassar (1986 s/d 2007. Menjabat Reporter (berbagai bidang), Redaktur (Kota, Hukum, Kriminal, Kesra, Hiburan), Koordinator Liputan (Korlip), dan diperbantukan di Tim Iklan.
– Kontributor/Koresponden/Wartawan Majalah Musik & Film AKTUIL, Majalah VISTA, Majalah SHOWBIZ, dan Tabloid ROCK terbitan Jakarta (1979-2005).
– Penulis di berbagai media cetak lokal dan nasional (1979-2005).
– Pemimpin Umum Surat Kabar Umum SOROT (1999).
– Direktur Utama PT Lintas Alam Tours & Travel Makassar (1992-2007).
– Pimpinan Event Organizer (EO) Bieffe Enterprises Makassar (1982-2007 dan telah menggelar puluhan event besar (show musik, otomotif, olahraga, model dan fashion) bersama sejumlah promotor nasional dan perusahaan rokok PT Djarum, PT Gudang Garam, PT Bentoel, PT HM Sampoerna dan lainnya.
– Pimpinan Cabang Makassar PT Aneka Bangun Perkasa Jakarta, produsen Baja Ringan merek Trussindo (2007-2017).

Pekerjaan Sekarang :
– Pemimpin Umum Media Online sorotmakassar.com.
– Wakil Pemimpin Umum Media Online pedomanrakyat.co.id.
– Direktur Utama PT Makassar Media Sorot.
– Direktur Utama PT Pedoman Rakyat Utama.

DATA ORGANISASI
Pengalaman Organisasi :
– Senat Mahasiswa FNGT Unhas Periode 1983-1984.
– Serikat Artis Rock Indonesia (SARI) Perwakilan Makassar.
– Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Makassar Angkatan 1982.
– Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan.
– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sulawesi Selatan, Bidang Pembelaan Wartawan.
– Kerukunan Keluarga Kawanua Makassar (K3M).

Jabatan Organisasi Sekarang :
– Anggota Dewan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan.
– Wakil Ketua Persatuan Alumni SMA Negeri 1 (Smansa) Makassar Angkatan 1982.
– Ketua Dewan Pakar Pengurus Pusat Persaudaraan Alumni SMA Katolik Rajawali (Smakara) Makassar.
– Vice President Lions Club Makassar Rajawali Periode 2023-2024.
– Ketua Bidang Media & Komunikasi DPD PSI Kota Makassar.
– Ketua II Lembaga Pelayanan Musik Gereja Provinsi Sulsel.

MENJADI CALEG
Visi :
– Memajukan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memperjuangkan kepentingan dan hak-hak mereka secara adil dan merata.
– Menciptakan Makassar sebagai kota yang aman, nyaman, sejahtera, dan berkembang.

Misi :
– Menjadi wakil rakyat yang dekat dengan masyarakat dan memahami kebutuhan serta permasalahan mereka.
– Menjalankan tugas dan tangging jawab sebagai anggota DPRD dengan transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab.
– Menggalang kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi permasalahan dan memajukan kota.
– Menjaga dan memperjuangkan hukum dan keadilan bagi masyarakat tanpa terkecuali.

Tujuan :
– Mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berkarakter kerakyatan, berkemanusiaan, berkeragaman, berkeadilan, berkemajuan dan bermartabat.
– Membesarkan PSI dengan merealisasikan sikap kebajikan (anti korupsi) dan keragaman (anti intoleransi) di dalam kehidupan masyarakat.
– Memasyarakatkan PSI dengan menebar kebajikan, merawat keragaman, dan meneguhkan solidaritas di dalam kehidupan masyarakat.

Semoga sukses senior ! Kebiasaan menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi rakyat lewat pemberitaan media, jangan terhenti jika kelak diamanahkan masuk ke parlemen. Ingatlah, Wartawan dan Legislatif, sama-sama punya peran dan fungsi kontrol untuk suarakan aspirasi rakyat. Selamat berjuang kanda !!! (***)