Menyiapkan Pemilu, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dapat Edukasi Dari KPU

siaranrakyat, Makassar- Dalam rangka belajar proses pemilihan umum, sejumlah siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga berkunjung dan belajar di Kantor Komisi Pemulihan Umum (KPU) Kota Makassar, Jalan Perumnas Antang Raya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (25/10/2023)

Hadir mendampingi siswa, guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Muhammad Syafitra dan Ilmaddin Husain. Hadir menerima kunjungan, Komisioner KPU Kota Makassar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Endang Sari.

Kunjungan ke Kantor KPU Kota Makassar dalam rangka persiapan pemilihan ketua OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga.

Turut mendampingi anggota Sekretariat KPU Makassar Marini Abdullah, Megawati Azman, Firmansyah A Malik, Yuswita, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Manggala, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan mahasiswa magang UIN Alauddin Makassar.

Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari mengapresiasi kunjungan SMA Islam Athirah Bukit Baruga untuk belajar ke KPU Kota Makassar.

Baca Juga :
Isi Talksow Hari Santri Nasional, Ketua LP2M UIN Alauddin Dorong Pesantren Ramah Anak

Endang membeberkan, KPU Kota Makassar siap untuk memberikan pendidikan penyelenggaraan pemilu untuk melaksanakan pemilu OSIS di sekolah. Menurutnya, hal itu sejalan dengan KPU.

“Kami dari KPU Kota Makassar mengapresiasi SMA Islam Athirah Bukit Baruga menginisiasi kegiatan ini,” kata Endang.

Lebih lanjut Komisioner KPU Makassar Endang Sari SIP MSi menjelaskan tiga tugas penyelenggara pemilu.

“Tiga tugas penyelenggara yaitu:
Melayani pemilih mengunakan hak pilihnya,Memberikan perlakuan yang sama kepada semua peserta pemilu dan menjaga kemurnian suara pemilu,” Kelasnya.

Diketahui, kegiatan P5 dalam Kurikulum Merdeka itu mengusung tema ?Suara Demokrasi?. Nantinya, proyek ini akan mengantarkan siswa menyelenggarakan miniatur pemilihan umum (pemilu) di sekolah.

Endang menuturkan dalam proses mempersiapkan penyelenggaraan pemilu hal yang utama disiapkan adalah untuk melakukan pendataan pemilih.

“Jadi lakukan dulu pendataan siapa saja yang akan melakukan pemilihan pada pemilu OSIS tersebut, imbuhnya.

Baca Juga :
Pesan Rektor Unhas Pada Peringatan Difabel Internasional

Diketahui, Selain menerima materi siswa diajak melihat miniatur denah Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Laporan : Muhammad Syafitra
Tim Web SMA Islam Athirah Bukit Baruga