Milad 1 Dekade FEBI UIN Alauddin, Dekan Harap Jaga Soliditas

siaranrakyat, MAKASSAR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar kini usianya telah memasuki satu dekade. Meskipun usianya masih tergolong sangat mudah dibanding fakultas-fakultas lain lingkup UIN Alauddin, namun FEBI tidak ingin ketinggalan dan terus berbenah.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr Amiruddin K Dekan FEBI UIN Alauddin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/9/2023).

“FEBI telah banyak mengukir prestasi, mahasiswa kami senantiasa menyabet berprestasi dan meraih juara di berbagai kompetisi, baik kompetisi bidang akademik maupun non akademik, dari tingkat regional, nasional hingga Internasional” ungkap mantan Wakil Dekan III FEBI UIN Alauddin itu.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin sendiri terdiri dari 5 program studi, yaitu program studi ekonomi Islam, program studi manajemen, progran studi akuntansi, program studi Ilmu ekonom dan program studi serbankan syariah.
Dari lima program studi tersebut, 3 diantaranya sudah terakreditasi A dan 2 prodi masih terakreditasi B, yakni prodi ilmu ekonomi dan prodi perbankan syariah.

“Kedua prodi dengan akreditasi B telah berproses menuju reakreditasi dan insya Allah kami sangat optimis untuk meraih akreditasi unggul kedepan” pungkasnya.

Dr Amiruddin K juga mengajak keluarga besar FEBI UIN Alauddin untuk berbenah diri dan memacu semangat kerja untuk meraih capaian dan prestasi agar mampu unggul dan berdaya saing tinggi.

Baca Juga :
Rakor Pendidikan Tingkat Sulsel, Jumlah SMK dan SLB Perlu Ditingkatkan

Menurutnya untuk mencapai semua itu kita harus membangun komitmen dalam tiga dimensi yaitu soliditas, kapabilitas dan loyaitas. Tiga dimensi ini menjadi spirit dalam membangun kinerja.

“Langkah yang akan dilakukan adalah menata program studi dengan baik dan meningkatkan kualitas SDM nya agar betul-betul dapat bersaing dengan fakultas ekonomi pada perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia” tandasnya.

Dr Amiruddin K memaparkan juga akan mendorong lahirnya Program Studi Manajemen Bisnis Digital Syariah dan Prodi Pariwisata Syariah. Hal ini terinspirasi dari berkembangnya bisnis digital dan distinasi halal. Semua ini menurutnya membutuhkan sumberdaya manusia yang ahli dalam bidangnya dan loyalitas.

Lebih lanjut, dia mengaku telah mempersiapkan para calon ketua-ketua prodi yang memiliki kapabilitas dan profesionalitas dalam bidangnya masing-masing yang siap mewakafkan dan mengabdikan diri pada FEBI.

Karenanya, Dr Amiruddin K menghimbau agar tidak ada intervensi dalam menetapkan para calon ketua program studi. Hal tersebut dia tujukan kepada para dosen ataupun pimpinan dalam lingkup FEBI.

Baca Juga :
UNAIR Gelar Talkshow, Dirut SPJM Paparkan Optimalisasi SDM

Dia menegaskan semua calon ketua program studi yang berhak menetapkan adalah Dekan melalui hasil rapat pimpinan fakultas, dan semua calon yang telah ditetapkan maka selanjutnya diajukan kepada Rektor untuk dipertimbangkan.

“Tentu seluruh kebijakan selaku Dekan senantiasa memohon petunjuk dan arahan pada Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis, sebab seluruh kebijakan Dekan dan jajarannya bertanggungjawab kepada Rektor selaku pimpinan tertinggi universitas” tutupnya.