Pelindo Cabang Tanjungbalai Karimun Selenggarakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Pelayanan Kapal PHINNISI

T. BALAI KARIMUN, siaranrakyat – PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tanjungbalai Karimun menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Pelayanan Kapal PHINNISI, Rabu (18/10) di Hotel Aston Karimun, di Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam sosialisasi tersebut, sejumlah peserta yang hadir di antaranya Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Tanjungbalai Karimun, Indonesian National Shipowners Association/Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA) Tanjungbalai Karimun dan ISAA Tanjungbalai Karimun, Para Pemilik Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS), Para Agen Pelayaran, serta Divisi Bisnis, Operasional dan Keuangan.

PHINNISI merupakan platform sistem operasi layanan kapal yang dikembangkan secara internal group Pelindo, bersifat End-To-End, menyediakan fitur terpadu sepenuhnya sebagai Order Management, Front-End dan Back-End dalam proses Pelayanan Kapal, serta mendukung pemenuhan siklus Order-To-Cash dan Record-To-Report dalam satu platform.

Pengembangan system operasi layanan kapal ini sesuai dengan Inisiatif Strategis dan Rencana Kerja Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) terkait Transformasi Pelabuhan Kelas Dunia terkait Standarisasi Operasi Pelabuhan dan Digitalisasi dan Sistemasi Operasi Kepelabuhanan.

Aplikasi PHINNISI memiliki keunggulan operasional yakni adaptif terhadap perubahan dan kebutuhan pengguna dengan melakukan perbaikan secara terus menerus. Serta, segi keamanan, menggunakan alat keamanan Cloud untuk memastikan keamanan aplikasi. Dari segi keandalan, menggunakan konsep tanpa server, mengurangi risiko kegagalan.

Baca Juga :
Gubernur BI Prediksi 2-3 Tahun Lagi Terjadi Krisis Ekonomi

Dari segi efisiensi kinerja, yakni arsitektur tanpa server secara otomatis menskalakan sumber daya sesuai kebutuhan dan yang tidak dibutuhkan. Dari sisi optimalisasi biaya, yakni dengan model Pay-as-you-go, mengubah biaya modal menjadi biaya variabel.

GM Pelindo Regional 1 Cabang Tanjung Balai Karimun, Yusrizal dan Plt. Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Affandi, SH. MH bersama peserta lainnya, saat penyelenggaraan Sosialisasi Aplikasi Sistem Pelayanan Kapal PHINNISI, Rabu (18/10) di Hotel Aston Karimun, di Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). (Pelindo Tanjungbalai Karimun)
GM Pelindo Regional 1 Cabang Tanjung Balai Karimun, Yusrizal dan Plt. Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Affandi, SH. MH bersama peserta lainnya, saat penyelenggaraan Sosialisasi Aplikasi Sistem Pelayanan Kapal PHINNISI, Rabu (18/10) di Hotel Aston Karimun, di Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). (Pelindo Tanjungbalai Karimun)

Sejak bulan Januari sampai dengan Agustus 2023, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) telah menerapkan aplikasi PHINNISI di 28 cabang pelabuhan mulai dari cabang Pelabuhan Merauke sampai cabang Dumai dan rencananya pada 25 Oktober 2023 akan dilaksanakan go live secara bersamaan pada 5 cabang yaitu cabang Tanjung Pinang, Kuala Tanjung, Tanjungbalai Asahan, Bengkalis serta cabang Tanjungbalai Karimun.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Adi Affandi SH MH, menyampaikan seluruh pihak terkait agar dapat mendukung penuh standarisasi dan penerapan sistem PHINNISI di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tanjungbalai Karimun.

General Manager (GM) PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 Cabang Tanjungbalai Karimun, Yusrizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa penerapan aplikasi PHINNISI ini sebagai bukti kongkret dari Pelindo untuk meningkatkan pelayanan jasa kapal serta mendukung arahan pihak Stranas PK.

Baca Juga :
Harga Kripto 20 Desember 2023: Bitcoin Dkk Kompak Loyo

Penerapan aplikasi PHINNISI di lingkungan PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Tanjungbalai Karimun mendapatkan dukungan dan tanggapan yang positif dari seluruh peserta sosialisasi dan tidak sabar menunggu untuk segera menerapkannya dalam layanan kapal menggantikan aplikasi terdahulu. (wol/rls/pel/d1)

Editor AGUS UTAMA