Peran Allianz Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Nasional

siaranrakyat – Literasi keuangan adalah kunci bagi masyarakat untuk mengelola keuangan mereka dengan bijak, merencanakan masa depan yang lebih baik, dan melindungi diri dari risiko keuangan.

Di tengah tantangan ekonomi yang semakin kompleks, meningkatkan literasi keuangan adalah prioritas nasional. Perusahaan asuransi seperti Allianz Indonesia memiliki peran penting dalam upaya ini.

Allianz Indonesia, sebagai salah satu pemimpin dalam industri asuransi di Indonesia, telah berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan di antara masyarakat. Peran perusahaan ini dalam memperluas pemahaman tentang asuransi, investasi, dan perencanaan keuangan telah menjadi salah satu pilar penting dalam upaya peningkatan literasi keuangan di tanah air.

Untuk itu, menutup bulan Inklusi Keuangan tahun ini, Allianz Indonesia kembali membuktikan wujud komitmen perusahaan dalam upaya akselerasi peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Komitmen tersebut juga merupakan salah satu bentuk dukungan Allianz yang selaras dengan visi-misi regulator beserta para pelaku industri jasa keuangan untuk memperluas akses produk keuangan masyarakat, yang salah satunya digemakan dalam Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023, yang diselenggarakan oleh OJK.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK), indeks literasi keuangan masyarakat telah menyentuh 49,68 persen, dimana angka tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang cukup pesat dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu 38,03 persen.

Indeks literasi asuransi mengalami peningkatan secara signifikan ke angka 31,72 persen, dari 19,4 persen di tahun 2019. Sementara itu, tingkat inklusi keuangan masyarakat di tahun 2022 tercatat sebesar 85,10 persen, meningkat dibandingkan dengan 76,19 persen di tahun 2019. Di sisi lain, tingkat inklusi asuransi bertumbuh tipis dari 13,15 persen di tahun 2019, menjadi 16,63 persen di tahun 2022.

Salah satu langkah utama yang diambil oleh Allianz Indonesia adalah menyediakan edukasi yang mudah diakses melalui berbagai platform. Program edukasi ini mencakup seminar, lokakarya, webinar, serta konten online yang informatif. Melalui berbagai saluran ini, Allianz Indonesia memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep keuangan dasar, risiko, manajemen investasi, dan perlindungan asuransi.

Selain itu, Allianz Indonesia juga telah mengembangkan program literasi keuangan yang khusus ditujukan untuk pelajar dan mahasiswa. Dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, perusahaan ini berupaya menciptakan kesadaran tentang pentingnya literasi keuangan sejak dini. Ini adalah langkah penting dalam membentuk generasi yang lebih cerdas dalam mengelola keuangan mereka sendiri.

Terbukti, tahun ini pada Finexpo 2023 puncak Bulan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan di Mal Pakuwon, Yogyakarta, dengan mengusung tema ‘Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera’, Allianz Indonesia kembali berpartisipasi sebagai upaya untuk mendukung peningkatan tingkat literasi dan inklusi keuangan.

Dalam rangkaian acara FinExpo 2023, Allianz Indonesia hadir untuk dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, dengan berbagai aktivitas menarik di booth, serta menyediakan konsultasi mengenai perlindungan dan layanan asuransi. Allianz Indonesia juga berkesempatan untuk memberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan dan pentingnya perlindungan asuransi di panggung acara FinExpo 2023.

Baca Juga :
Sambut Hari Diabetes Sedunia, Tokopedia dan Ahli Gizi Ungkap Cara Mencegah Risiko Diabetes

Pada acara puncak Bulan Inklusi Keuangan, OJK mencanangkan Sinergi Akselerasi Keuangan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas dan memberikan Apresiasi kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang menjadi penggerak keuangan inklusif bagi penyandang disabilitas, dimana salah satunya adalah Allianz Indonesia.

Bahkan, sebelumnya, Allianz Indonesia telah mendukung kegiatan Edukasi Keuangan bagi Penyandang Disabilitas yang diselenggarakan oleh OJK secara offline dan online pada bulan Agustus lalu di Jakarta. Allianz Indonesia juga telah mengimplementasikan layanan berasuransi yang ramah disabilitas sesuai dengan POJK Nomor 6/POJK.07/2022, tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan, dimana PUJK mempunyai tanggung jawab untuk mendukung penyediaan layanan khusus kepada konsumen penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Peran Allianz Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Nasional (HO/ist)
Peran Allianz Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Nasional (HO/ist)

Sejak tahun 2017, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli juga telah menyelenggarakan beberapa inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) melalui program EMPOWERED (Economic Empowerment for Entrepreneurs with Disabilities) dan program SETARA (SMEs Training for All Races and Abilities), yaitu program pelatihan, pendampingan, dan pengembangan usaha untuk memberdayakan masyarakat penyandang disabilitas pelaku UMKM agar bisa mandiri, produktif, dan bisa memiliki pendapatan yang layak, sesuai dengan keahlian dan kemampuan mereka,.

Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia, Hasinah Jusuf mengungkapkan bahwa Allianz Indonesia mendukung penuh upaya OJK untuk mendongkrak tingkat literasi dan inklusivitas keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk untuk penyandang disabilitas.

?Allianz Indonesia mendukung penuh fokus utama serta langkah-langkah regulator dalam mengakselerasi indeks literasi dan inklusif keuangan di kalangan masyarakat Indonesia. Kami tentunya selalu berupaya untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang berguna bagi perluasan literasi, serta akses perlindungan dan layanan asuransi untuk semua kalangan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas, agar lebih banyak masyarakat terproteksi dan dapat mencapai kemerdekaan finansial untuk masa depan bangsa yang lebih baik,? ucap Hasinah didampingi Tirta Segara selaku Komisaris Independen Allianz Life Syariah Indonesia.

Dukung Peningkatan Indeks Inklusi Keuangan

Berangkat dari empat pilar tanggung jawab sosial perusahaan, yang salah satunya berfokus pada bidang pendidikan, Allianz Indonesia juga berkolaborasi dengan institusi-insitusi pendidikan di berbagai daerah untuk melakukan literasi finansial bagi kaum pelajar. Tahun ini, selain melakukan literasi finansial kepada pelajar sekolah menengah atas di Bandung, Allianz Indonesia juga berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan literasi finansial bagi pelajar SMA di Yogyakarta, yaitu di SMK Sanjaya Pakem, SMA Stella Duce Bambanglipuro, dan SMA Sanjaya Nanggulan.

Peran Allianz Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Nasional
Peran Allianz Indonesia Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Nasional (HO/ist)

Allianz Indonesia juga melakukan kegiatan literasi finansial menggunakan Allianz SmartPlan Board Game, dimana teknik edukasi finansial ini merupakan simulasi edukasi yang diterapkan dengan cara yang menyenangkan. Dengan mengikuti sesi permainan Allianz SmartPlan, diharapkan para pelajar, guru, serta staf sekolah dapat memahami dasar-dasar pengelolaan keuangan, risiko keuangan, pinjaman online, dan faktor eksternal yang dapat memengaruhi kondisi keuangan.

Baca Juga :
Segudang Manfaat Tidur Siang, Bisa Menyehatkan Jantung Lho!

Selain itu, peserta mendapatkan edukasi mengenai tata kelola arus kas, mengatur pengeluaran untuk berbelanja, memahami perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan, pentingnya menabung dan berasuransi untuk mengantisipasi risiko terganggunya kondisi keuangan, serta memahami jenis-jenis aset yang produktif. Melalui simulasi pembelajaran ini, Allianz Indonesia berupaya untuk mengedukasi para pelajar dalam menentukan serta mencapai tujuan keuangan di masa depan secara bijak.

Melalui upaya-upaya inovatif yang telah dilakukan, Allianz Indonesia senantiasa menargetkan lebih banyak lagi pelajar dan kalangan masyarakat lainnya untuk memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik lagi.

Allianz Indonesia juga berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang manfaat asuransi. Asuransi adalah instrumen penting dalam melindungi aset dan masa depan finansial. Melalui kampanye dan inisiatifnya, Allianz Indonesia berupaya menyampaikan pesan bahwa asuransi bukanlah biaya, melainkan investasi dalam perlindungan dan ketenangan pikiran.

Peran Allianz Indonesia dalam meningkatkan literasi keuangan nasional adalah contoh konkret dari kontribusi sektor swasta dalam membangun ekonomi yang kuat dan stabil. Dengan upaya berkelanjutan dan kemitraan yang kuat, perusahaan ini memberikan kontribusi positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia dalam jangka panjang.

Peningkatan literasi keuangan adalah proyek bersama yang melibatkan berbagai pihak, dan peran perusahaan seperti Allianz Indonesia sangat penting dalam mencapai tujuan ini. Dengan edukasi, kolaborasi, dan komitmen yang kuat, kita dapat membangun masyarakat yang lebih cerdas secara finansial dan lebih siap menghadapi tantangan ekonomi di masa depan. (wol/ari/d1)