Daerah  

Pererat Silaturahim, Unhas Gelar Rakor Rutin di Hutan Pendidikan Bengo Bengo

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan rapat koordinasi pimpinan, yang dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan di tingkat universitas, fakultas maupun lembaga. Kali ini, kegiatan dilakukan dengan mengusung konsep kekeluargaan melalui penyelenggaraan yang dilakukan di Hutan Pendidikan Unhas, dimana selain rapat, para pimpinan Unhas juga melakukan kegiatan outbound.

Agenda rutin yang diselenggarakan dengan tujuan membahas berbagai isu strategis, capaian unit-unit kerja, serta menilai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama tiga bulan terakhir tersebut dimulai pada Sabtu (20/04) sampai minggu (21/04) di Hutan Pendidikan Bengobengo, Kabupaten Maros.

Dalam arahannya, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., memberikan apresiasi capaian kinerja yang sudah dilakukan setiap unit kerja di Unhas. Menurutnya, rapat koordinasi tersebut hadir sebagai media memberikan arahan dan masukan serta upaya strategis yang bisa dioptimalkan untuk mendukung capaian Unhas kedepan.

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan agenda rakor kali ini dilakukan secara berbeda dengan rakor seperti biasanya. Kegiatan rakor kali ini dilandasi dengan semangat memperkokoh silaturahim dan rasa kekeluargaan sehingga tercipta sikap optimisme dari sivitas akademika Unhas. Melalui rakor dengan konsep kekeluargaan, kekompakan dapat terus diperkuat dan sivitas akademika Unhas akan semakin produktif.

Baca Juga :
PT Vale Motivasi Kemajuan Pelaku Usaha Lokal Melalui Rembuk UMKM

?Kegiatan ini berbeda dari rakor sebelumnya yang kita dilakukan, jika biasanya kita lakukan dalam lingkup kampus dengan pakaian formal dan almamater. Kali ini, kita lakukan di Hutan Pendidikan Unhas, dengan suasana alam yang asri. Ini juga bertujuan agar para pimpinan bisa mengembangkan ide bersama untuk mengoptimalkan pemanfaatan hutan pendidikan Unhas dari aspek multidisiplin,? jelas Prof JJ.

Prof JJ menuturkan, secara umum seluruh elemen unit kerja harus bisa bekerja sama memaksimalkan agenda yang belum tercapai. Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh pimpinan fakultas maupun lembaga untuk membangun kesadaran akan peran dan fungsinya melalui strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang ingin diraih.

Dalam rapat koordinasi tersebut, secara umum unit kerja di Unhas memberikan gambaran tentang capaian yang telah diraih. Selain rapat koordinasi, juga dilakukan kegiatan outbound yang diikuti oleh seluruh pimpinan Unhas dengan tujuan memperkuat kekeluargaan sekaligus membangun kekompakan. Untuk outbound, dilakukan pada minggu (21/04) di area hutan pendidikan Unhas. Seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut terlaksana dengan lancar.

Penanaman Pohon Penghijauan
Seusai acara outbond, Rektor Unhas didampingi para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas beserta sejumlah dekan di Unhas melakukan penanaman pohon di Hutan Pendidikan Bengobengo. Rencananya kegiatan penghijauan menggunakan kayu Bitti dan Kayu Putih ini sebanyak 1.500 pohon.

Baca Juga :
Di Parepare, Sofha Marwah Minta Pengurus PKK Hadirkan Rumah Gizi di Semua Kelurahan

Menurut Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, penghijauan yang dilakukan ini diharapkan berkontribusi terhadap peningkatan jumlah oksigen di dunia dan mengurangi efek pemanasan global. “Selain itu, kayunya juga bisa digunakan untuk menopang industri perkayuan di Sulsel,” ujar Prof. JJ.

Kegiatan penghijauan ini, lanjut Rektor Unhas dilakukan sejalan dengan himbauan Gubernur Sulsel untuk melakukan kegiatan penghijauan di instansi masing-masing.