PKS Serahkan Keputusan Cawapres ke Anies

JAKARTA, siaranrakyat – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu menyampaikan, bahwa PKS menyerahkan keputusan soal calon wakil presiden (cawapres) kepada Anies Rasyid Baswedan. PKS patuh terhadap hasil kesepakatan dalam piagam deklarasi Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Syaikhu usai Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu menemui Ketua Majelis Syura PKS, Salim Segaf Aljufri. Pertemuan tersebut merupakan kunjungan lanjutan setelah dirinya bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Semuanya (partai koalisi) kita sepakat, sebagaimana piagam koalisi bahwasanya kaitan dengan cawapres semua diserahkan ke capres,” ujar Syaikhu lewat keterangan tertulisnya, Minggu, (27/8).

Dia mengatakan, PKS hanya memberikan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh bakal cawapres tersebut. Kriteria tersebut adalah nasionalis religius, dwitunggal kesepakatan dengan Anies, dan memiliki peluang menang yang besar.

Baca Juga :
Gerindra Berpotensi Raih Dua Kursi di Mamarita, H Patta Posisi Aman?

Koalisi juga menyerahkan sepenuhnya kepada Anies mengenai waktu pengumuman cawapresnya. Setelah diumumkan, PKS bersama partai koalisi akan bekerja dengan optimal untuk memenangkan pasangan tersebut.

“Yang penting setelah nanti deklarasi, betul-betul kita bekerja secara all out tiga partai ini untuk memenangkan pasangan ini,” ujar Syaikhu.

Sebelumnya, Anies bersama Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan menemui SBY. Salah satu agenda tersebut adalah membahas strategi pemenangan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ditanya, apakah pertemuannya dengan SBY membahas nama-nama kandidat calon wakil presiden (cawapres)? ia menjawab bahwa hal tersebut sudah tak jadi pembahasan mereka. Ungkapnya sekali lagi, pertemuan itu sudah membahas strategi pemenangan.

“Sudah tidak lagi (bahas kandidat cawapres), tadi tidak berbicara nama, tidak bicara itu semua. Sudah bicaranya lebih ke depan yaitu tentang apa langkah-langkah ke depan,” ujar Anies di kediaman SBY, Kabupaten Bogor, Jumat (25/8) malam. (wol/republika/man/d2)

Baca Juga :
Bawaslu Diminta Proaktif Tindak PDIP yang Diduga Curi Start Kampanye