Puluhan Dosen Unhas Jalani Medical Check Up Lanjutan

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin melalui Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni dan Sistem Informasi kembali melaksanakan Penyuluhan Hasil Medical Check Up Program Unhas Sehat dengan Tema Tips dan Trik Kulit Sehat dan Kulit Cantik. Kegiatan berlangsung di Ruang Senat Lt. 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea. Selasa (17/10).

Turut hadir Wakil Rektor III Bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi Unhas (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum), Direktur SDM Unhas, Dr.dr.Idar Mappangara,Sp.PD.,Sp.JP.(K)., Prof. Dr. Lalu Muhammad Saleh, S.Km., M.Kes. (Kasubdit Sistem Jaminan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)), dan dr. Nurul Indah Pratiwi, Sp.DVE., selaku pemateri.

Mengawali kegiatan, Prof. Dr. Farida Patittingi dalam sambutanya menyampaikan Program ini merupakan bentuk apresiasi kampus melalui kebijakan rektor dalam memberikan kesempatan bagi Dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus untuk melakukan Medical Check Up guna mendukung program Unhas Sehat.

“Ini merupakan bagian inisiatif Unhas untuk memastikan setiap kondisi kesehatan dan kebugaran setiap Dosen dan Tendik Unhas. Tercatat per tanggal 13 Oktober 2023, sudah mencapai sebanyak 52% dari total dosen dan tenaga kependidikan Unhas, yaitu 2.090 orang, telah menjalani MCU sebagai upaya preventif untuk memantau kesehatan mereka,” jelas Prof. Farida.

Baca Juga :
Bahas Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah, KKMB UIN Makassar Gelar Sharing Session

Lebih lanjut dijelaskan bahwa melalui proses MCU, sebagian peserta ditemukan memerlukan tindak lanjut medis lebih lanjut untuk menanggapi hasil pemeriksaan penyakit tertentu. Pada bulan September, 22 orang telah menjalani MCU lanjutan sebagai respons terhadap hasil pemeriksaan awal. Sementara itu, pada bulan Oktober, jumlah peserta MCU lanjutan meningkat menjadi 13 orang. MCU lanjutan ini membuktikan komitmen Unhas dalam memberikan perhatian serius terhadap kesehatan para dosen dan tenaga kependidikan demi mewujudkan lingkungan akademik yang sehat dan produktif.

Dalam program MCU ini, salah satu fokus utama adalah kesehatan dan kecantikan kulit yang disampaikan oleh dr. Nurul Indah Pratiwi, Sp.DVE.,. dalam materinya. Para peserta diberikan tips dan trik untuk merawat kulit dengan baik, memastikan kulit sehat dan tampak cantik. Kesehatan kulit menjadi hal penting, karena kulit yang sehat tidak hanya mempengaruhi penampilan fisik, tetapi juga merupakan cermin dari kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melalui MCU Goes to Campus, Unhas berupaya memberikan akses yang lebih mudah bagi para dosen dan tenaga kependidikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Dengan demikian, diharapkan kondisi kesehatan mereka dapat selalu terpantau dengan baik, memungkinkan penanganan dini terhadap potensi masalah kesehatan yang mungkin muncul. Kegiatan ini menjadi langkah proaktif Unhas dalam mendorong kesejahteraan dan produktivitas seluruh komunitas akademik. Unhas siap untuk terus mengadakan program serupa di masa mendatang, semoga dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi seluruh stakeholder kampus.(*)

Baca Juga :
Rektor UIN Alauddin Makassar Lantik Kabinet Baru, Optimis Bawa Perubahan Cepat