Di Unhas, BPJS Sosialisasikan Pentingnya Perlindungan Kesehatan bagi Mahasiswa

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Direktorat Kemahasiswaan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Klinik Fakultas Kedokteran Unhas menggelar BPJS Goes to Campus di Gedung Ipteks Unhas, Selasa 5 Maret 2024.

Kegiatan yang mengangkat tema ?Pentingnya Perlindungan Kesehatan bagi Mahasiswa Melalui BPJS Kesehatan,? ini dihadiri sekitar 150 peserta yang merupakan mahasiswa Unhas.

Hadir membuka kegiatan mewakili rektor Unhas, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Prof dr Muh. Nasrum Massi PhD.

Dalam sambutannya Prof Nasrum mengatakan, asuransi kesehatan memegang peranan penting karena tingginya biaya perawatan kesehatan di seluruh dunia. Di Indonesia hadir BPJS Kesehatan dan masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan terjangkau sehingga mengurangi beban finansial yang ditimbulkan akibat biaya pengobatan.

?Hal ini menjadi penting terutama dalam konteks mobilitas global di mana risiko kecelakaan dapat terjadi dimanapun. Oleh karena itu, masyarakat akan lebih aman dan terlindungi ketika mempunyai BPJS,? ujarnya.

Prof Nasrum juga berharap masyarakat Indonesia memiliki asuransi kesehatan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar saat berobat di rumah sakit.

Baca Juga :
Rektor Unhas Kukuhkan Empat Guru Besar Baru dari Berbagai Keilmuan

?Jadi, saya kira semua mahasiswa bisa diwajibkan untuk mempunyai asuransi kesehatan, dalam hal ini BPJS,? tuturnya.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Makassar, Muh Syahrul SKM AAAK dan Duty Manager Klinik Fakultas Kedokteran Unhas dr Fakhriyah Dwi Amirah Khalid.

Dalam pemaparannya, Muh Syahrul menjelaskan tentang manfaat layanan BPJS Kesehatan bagi peserta, termasuk bagi mahasiswa Unhas. Ia menjelaskan mengenai alur pelayanan yang bisa dilakukan mahasiswa saat sakit dengan menggunakan BPJS Kesehatan, termasuk mengakses pelayanan kesehatan di luar wilayah domisili.

?Pada keadaan kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN,? ujarnya.

Sementara itu, dr Fakhriyah Dwi Amirah Khalid mengenalkan Klinik Fakultas Kedokteran Unhas yang merupakan klinik umum dan gigi yang hadir di Unhas sejak Mei 2023.

?Klinik ini berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi civitas akademik, masyarakat dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin dan lingkungan sekitarnya,? ujarnya.

Baca Juga :
Siswa-Siswi SAB Tampilkan Bakat Seni dalam Graduation Ceremony

Pada kesempatan tersebut, dr Fakhriyah juga menyampaikan bahwa Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin juga telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sehingga mahasiswa dari berbagai domisili dapat memanfaatkan layanan kesehatan di Klinik FK.