Ronny Tanuwijaya Apresiasi Peningkatan Kualitas Permainan Timnas

JAKARTA, siaranrakyat – Langkah Timnas Indonesia akhirnya harus terhenti pada babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah dibungkam Timnas Australia 4-0 di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024 malam hari WIB.

Pengamat sepakbola Ronny Tanuwijaya mengatakan tetap mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia. ?Meskipun kalah kelas tapi dilihat dari segi permainan sudah banyak kemajuan. Timnas berani main pressing, dan berani menyerang dengan pola main satu dua sentuhan,? ujarnya, Senin (29/1).

Ia menilai langkah Timnas terhenti di babak 16 besar sudah cukup baik mengingat sudah cukup lama Indonesia tidak tampil di putara final Piala Asia. ?Kita sudah bersyukur sudah bisa masuk

kembali ke Piala Asia, dan lolos ke babak berikutnya juga sejarah,? katanya.

?Masalah hasil atau skor tidak masalah, yang penting dari segi permainan sudah ada perkembangan,? ungkap Ronny.

Pengamat yang juga pebisnis kimia itu menilai kamajuan sepakbola Indonesia juga berkat dukungan Presiden Joko Widodo. ?Ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang selalu perhatian perkembangan sepakbola Indonesia,? tambahnya.

Baca Juga :
Kemenangan Dramatis Barcelona atas Celta Vigo

Menurutnya, masih ada kesempatan berkembang bagi 11 pemain muda tampil di Piala Asia U-23 di Qatar bulan April nanti. ?Piala Asia jadi ajang pemanasan untuk Piala Asia U-23 April nanti. Ada 11 pemain yang usianya dibawah 23 tahun,? tambahnya.

Sebanyak 11 pemain yang dimaksud adalah Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers), Elkan Baggott (Ipswich Town), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Pratama Arhan (Suwon FC), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Witan Sulaeman (Bhayangkara FC), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Ramadhan Sananta (Persis Solo) dan Hokky Caraka (PSS Sleman).

Selanjutnya pada 15 April-3 Mei 2024, giliran Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong yang ambil bagian di Piala Asia U-23 2024 Qatar. Di ajang ini, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar U-23, Yordania U-23 dan Australia U-23.

Baca Juga :
Ronny Tanuwijaya Sebut Wasit Persikabo 1973 Vs Bhayangkara FC Tak Layak Bertugas di Liga 1

Selintas, grup ini masuk kategori grup neraka. Namun, peluang Timnas Indonesia lolos ke fase gugur atau perempatfinal Piala Asia U-23 2024 sangat terbuka jika Shin Tae-yong dapat memanggil seluruh pemain terbaiknya. (wol/ari/d1)