Surya Paloh Harap Tak Ada Politisasi Dari Kasus yang menjerat Menteri-Menteri NasDem

JAKARTA, siaranrakyat – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan, kasus yang menjerat Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pasti akan berpengaruh pada paslon yang NasDem dukung yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau pasangan AMIN.

?Pastilah ada pengaruhnya pada elektabilitas partai. Dan juga kami pasangan yang didukung NasDem, Bung Anies dan Bung Muhaimin Iskandar, pastilah ada. Tetapi sejauh mana pengaruh ini,? kata Paloh di NasDem Tower, Kamis (5/10/2023).

Paloh menilai, meski akan ada pengaruh ke paslon AMIN, apabila kasus tersebut dilakukan terbuka maka bisa saja AMIN justru mendapatkan empati.

“Saya yakin, salah-salah bukan memberikan efek negatif Insya Allah barangkali justru mendapat sesuatu empati barangkali kalau dilihat pendekatannya ini secara terus, terang, terbuka, di mana salahnya, dan sebagainya,” kata dia.

Harapan pada Koalisi Perubahan

Baca Juga :
Pakar Minta Capres Cawapres 2024 Serius Soroti Masalah Kesehatan

Paloh optimistis, masyarakat tetap memiliki harapan dan kepercayaan pada Koalisi Perubahan, terlepas ada kasus yang menjerat NasDem.

?Ketika masyarakat yang juga masih punya harapan dan keinginan, upaya-upaya membawa misi baru gerakan perubahan ini harus berjalan sebagaimana yang diharapkan,? kata Paloh.

Berharap Tak Ada Politisasi

Terkait isu adanya politisasi hukum atas kasus yang menjerat menteri-menteri NasDem, Paloh berharap tidak ada hal tersebut.

Menurutnya NasDem berupaya agar tak ada politisasi hukum, namun semua ia serahkan ke aparat hukum sebab NasDem tidak berwenang.

?Itu di luar daripada kemampuan kita. Kota menjaga, kalau daei pihak NasDem pasti menjaga. Tidak ada, upaya politisasi hukum. Tetapi kita kan bukan penegak hukum, institusi parpol,? kata dia.

Saat ini, menurutnya, belum ada jaminan atau garansi bahwa penegakan hukum bebas dari politisasi.

Baca Juga :
KPI Sebut Siaran Adzan Tampilkan Ganjar Pranowo Tidak Melanggar

?Tetapi kalau apakah ada yang menjamin, menggaransi sepenuhnya, aparat penegak hukum bebas sama sekali tidak ada politisasi terlepaslah penegakan hukum. Nah itu catatan pinggir, rekam jejak dan sepenuhnya, saya pikir rekan pers memahami itu,? sambungnya. (liputan6.com)