Terlalu Sering Makan Mie Instan Bisa Ganggu Fungsi Ginjal? Simak Penjelasan Dokter

siaranrakyat – Mie instan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Makanan ini kerap dibawa saat bepergian karena dianggap sebagai ?comfort food?.

Di Indonesia sendiri ada berbagai merek mie instan yang dijual di pasaran. Mulai dari merek lokal yang sudah go internasional hingga merek mie instan yang diimpor ke Indonesia

Meski demikian, terlalu sering mengonsumsi mie instan ternyata berbahaya bagi kesehatan. Hal itu itu disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD.

?Mie instan merupakan makanan yang diproses dan mengandung cukup banyak natrium. Selain natrium, juga mengandung penyedap atau MSG,? tulis Prof Zubairi dalam cuitannya di Twitter atau X, Jumat (6/10).

Baca Juga :
Prof Ridha Ajak Kaum Ibu Kurangi Angka Kematian Akibat Kanker Payudara di Indonesia

Prof Zubairi menambahkan pada dasarnya mie instan ini aman dikonsumsi, tapi dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Beberapa studi menyebutkan cukup satu hingga dua bungkus saja dalam seminggu.

?Kalau dikonsumsi berlebihan, maka bisa bikin hipertensi dan mengganggu ginjal,? katanya.

Terlebih lagi untuk mie instan jenis ramen yang mengandung garam sebanyak 1300-4000 mg per package.

?Jadi sebaiknya jangan banyak-banyak. Terutama untuk anak kosan ya. Anda juga bisa sesekali melakukan pengecekan fungsi ginjal untuk mengetahui kondisinya,? tuturnya. (okz/wol/pel/d2)

Baca Juga :
Penjelasan Pakar Mengapa Kebiasaan Begadang Bisa Merusak Jam Tubuh