4 Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman Boba

JAKARTA, siaranrakyat – Belum lama ini seorang remaja wanita asal Taiwan berusia 20 tahun mengalami masalah batu ginjal dalam tubuhnya. Setidaknya 300 batu ginjal berada dalam tubuh wanita tersebut, sehingga memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

Berkaca dari kondisi tersebut, lantas adakah penyakit atau permasalahan kesehatan lainnya jika seseorang terlalu sering mengonsumsi minuman boba?

Dilansir dari laman Darya Varia, Senin (18/12/2023) minuman boba atau bubble tea memang merupakan salah satu minuman yang berasal dari Taiwan yang sudah dikenal sejak awal 1980-an. Popularitasnya semakin meningkat ketika minuman teh terbuat dari susu dengan bola-bola kenyal tersebut dikonsumsi banyak orang.

Akan tetapi, jika hal tersebut dibiarkan justru akan menimbulkan beraneka macam masalah kesehatan terutama pada seseorang yang sering mengonsumsi minuman boba itu. Lantas permasalahan kesehatan apa saja yang terjadi? Berikut penjelasannya.

1. Kenaikan berat badan

Minuman boba merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan gula cukup tinggi, dengan berisikan kandungan seperti susu, krim, sirup, boba, dan juga bahan lainnya, membuat minuman itu tinggi akan kalori. Sehingga akan membuat penikmatnya mengalami kenaikan berat badan apabila mengonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga :
Yayasan Hadji Kalla Gelar Temu Kader Pelatih Klub Senam Jantung Sehat

2. Masalah pencernaan

Boba yang dibuat dari tepung tapioka tidak dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Untuk itu, jika seseorang mengonsumsi minuman boba secara berlebihan akan membuat pencernaan kesulitan memprosesnya, dan tubuh tidak bisa mendapatkan asupan serat yang cukup.

Jika seseorang telah kekurangan serat dan nutrisi pada tubuhnya, maka permasalah pencernaan seperti sembelit akan mudah terjadi

3. Kenaikan gula darah

Tidak hanya menimbulkan masalah pencernaan, ternyata dengan minuman boba yang memiliki kandungan gula tinggi dapat membuat seseorang memiliki permasalahan kesehatan lainnya seperti kenaikan gula darah. Oleh karena itu, pada penderita diabetes atau resistensi insulin, kondisi ini akan menimbulkan masalah serius.

4. Karies gigi

Adanya tambahan gula dalam minuman boba, ternyata dapat merusak kesehatan gigi jika dikonsumsi secara berlebihan tanpa perawatan gigi yang tepat. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mengonsumsi minuman boba alangkah baiknya untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan, karena hal itu akan membahayakan kondisi tubuh Anda sendiri.(wol/okezone/eko/d2)

Baca Juga :
Ingat, Penderita Diabetes Dilarang Makan 4 Jenis Ikan Ini