UIT Gelar Wisuda XVII di Hotel Claro, Secara Meriah

siaranrakyat, Makassar- Rapat senat terbuka luar biasa Universitas Indonesia Timur dalam rangka wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana periode ke-XVII dan Dies Natalis ke-XXII Tahun Akademik 2022/2023, bertempat di Gedung Sandeq B Hotel Claro, Jalan AP. Pettarani, Makassar, 23 September 2023.

Universitas Indonesia Timur (UIT) meluluskan alumninya sebanyak 596 orang yang terdiri dari 22 program studi, D3 : 37 orang, D4 : 20 orang, Strata Satu : 161 orang, Strata Dua : 378 orang.

Acara diawali pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Sirajuddin, S.Pdi. lanjutkan pembacaan Do’a dipimpin oleh Drs. KH. Abubakar Paka, MH. Dirangkaikan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan cipta.

Rapat senat terbuka luar biasa dibuka oleh Rektor Universitas Indonesia Timur sekaligus membacakan laporan akademik dalam rangka wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana periode ke-XVII dan Dies Natalis ke-XXII Tahun Akademik 2022/2023.

Rektor Abdul Rahman dalam laporannya menyampaikan bahwa, Dengan penuh kebanggaan pada hari ini meluluskan alumni sebanyak 596 Orang, ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UIT kepada bangsa dan negara dan sekaligus merupakan wujud karya UIT.
Adapun lulusan yang di wisuda pada hari ini terdiri dari 22 Program Studi :
1. D3 : 37 Orang.
2. D4 : 20 Orang.
3. Strata Satu(S1) : 161 Orang.
4. Strata Dua(S2) : 378 Orang.
Total Wisudawan/wati : 596 Orang.
Sesuai dengan Surat Rekomendasi LLDIKTI No. 8947/LL9/WS.01.05/2023 Tanggal 19 September 2023 dan 9057/LL9/WS.01.05/2023 Tanggal 22 September 2023.
Berdasarkan data yang kami terima bahwa 95% dari seluruh alumni telah mengabdikan ilmunya yang mereka peroleh pada instansi-instansi pemerintah maupun swasta yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota maupun di luar provinsi Sulawesi Selatan.
Mengakhiri laporan ini dengan segala kerendahan hati kami mohon maaf jika dalam penyelenggaraan pendidikan selama ini masih banyak kekurangan.

Orasi ilmiah dibawakan oleh Prof. Dr. Muhammad Adlin Sila, MA,PhD, Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, dengan mengusung tema “Mahasiswa dan Ruang Kapabilitasnya” Dalam orasi ilmiahnya mengatakan bahwa, Pendidikan adalah ruang untuk membentuk dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas manusia, begitu juga ilmu pengetahuan yang hadir sebagai jalan untuk mengatasi problematika kehidupan, adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas manusia. Inovasi, kreatifitas, sensivitas, dan kesadaran sosial lainnya menjadi bentuk konklusi transformatif dalam pendidikan. Dalam perspektif sosial manusia dipandang sebagai makhluk pembelajar. Sedangkan dalam aspek pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia, pendidikan dan ilmu pengetahuan berperan dalam membentuk manusia agar selalu belajar (long life leurner) dan meningkatkan kualitas serta kapabilitas personalnya.

Baca Juga :
Kalla Institute Gelar Business Camp Bagi Pelajar SMA, Gali Potensi Calon Wirausaha Muda

Upaya peningkatan itu semua dapat berjalan melalui interaksi pendidikan di setiap jenjangnya. Dan tingkatan paling dasar hingga perguruan tinggi tentu memiliki tujuan yang sama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan meningkatkan kualitas dan kapabilitas manusia. Menurut Amartya Sen (1979) setiap orang memiliki kapabilitasnya masing-masing untuk mencapai kesejahteraan dan jenis kehidupan yang efektif untuk di jalani.” Kata Alumni UIT ini.

Ketua Yayasan Indonesia Timur H. Haruna MA, MBA dalam kesempatan itu berikan sambutannya mengatakan, “Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan yang akan di wisuda pada hari ini semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, perlu diketahu bahwa ada beberapa program yayasan yang sudah hampir terwujud seperti pembangunan rumah sakit di Kabupaten Bulukumba hampir rampung sudah 98% selesai memiliki fasilitas lengkap memadai dan pengusulan program doktoral di kampus kita ini semoga dapat terealisasi.

“Bagi alumni UIT yang mempunyai kartu mahasiswa dapat di pergunakan di pelayanan di rumah sakit wisata UIT biayanya bisa Discoun maupun Gratis.
Bagi mahasiswa baru kami akan gratiskan SPP.” Ucap Anggota DPR- RI ini.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Dr. Andi Lukman, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa, Universitas Indonesia Timur merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang sudah terakreditasi institusi Baik Sekali dari BAN-PT dan mendapatkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari Kamendikbudristek, salah satu persyaratan mendapatkan program RPL itu adalah Prodinya harus akreditasi baik sekali dan Alhamdulillah UIT mempunyai 14 prodi sudah terakreditasi baik sekali dan ini tidak mudah di dapatkan Perguruan Tinggi, Apa yang kita raih saat ini tentunya kita harus menjaganya dengan baik, Perlu diketahui bahwa saya menjadi Kepala LLDIKTI karena Universitas ini, pada saat itu Golongan saya III d, namun setelah mendapatkan Ijasah dari UIT langsung ke Golongan IV a, makanya saya tidak bisa di pisahkan oleh UIT. Olehnya itu para wisudawan berbanggalah jadi alumni UIT dan banyak alumninya yang berhasil di kanca nasional maupun internasional, oleh sebab itu mari kita saling menjaga atas prestasi-prestasi yang di capai UIT saat in.
Saya mengajak Rektor untuk menuntaskan program merdeka belajar dengan baik dan berkolaborasi dengan kampus-kampus dan instansi pemerintah sebab itu salah satu program merdeka belajar adalah kerjasama. Kata Andi Lukman.

Pada akhir sambutannya, Kepala LLDIKTI Wil IX Dr. Andi Lukman, M.Si., menyanyikan sebuah lagu berjudul “Rumah Kita” yang terkandung makna bahwa lebih baik disini UIT adalah rumah kita mari kita jaga bersama, spontan para hadirin ikut bernyanyi menambah suasana haru dan bangga.

Baca Juga :
3 Pemain PSM Makassar Jadi Lulusan di Universitas Bosowa, Raih Gelar Sarjana Manajemen

Pesan dan kesan wisudawan yang di wakili oleh Basri Rase wisudawan Pascasarjana beliau juga merupakan Walikota Bontang,

“Saya alumni Universitas Indonesia Timur lulus S1 dan sekarang S2, saya bisa seperti ini karena UIT, sering saya bawakan di acara-acara diberbagai daerah sebagai narasumber itu karena berkat ilmu dan bimbingan saya peroleh dari bangku kuliah di UIT, Kota Bontang diberi penghargaan sebagai kota terbersih se asia tenggara dan mendapatkan penghargaan-penghargaan lainnya itu karena walikotanya alumni UIT, jad saya sangat bangga jadi alumninya.
Kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada istri saya tercinta Hafidah Basri Rase, yang selalu memberikan semangat untuk belajar dan Do’anya sehingga saya seperti ini dan saya ucapkan pula terima kasih dan rasa haru, bangga kepada Rektor dan seluruh civitas akademika termasuk mewakili teman-teman wisudawan. Pesan saya kepada teman-teman jika ingin jadi sukses kuncinya adalah sayangi orang tuanya jangan durhaka dan hormati para Dosen, guru kita karena beliau memberikan ilmu kepada kita.

Acara Wisuda ini turut di hadiri, Ketua Yayasan Indonesia Timur, H.Haruna MA, MBA, Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt,SE, MM, Para Wakil Rektor, I,II, III, IV, Dekan, Prof..Dr.H. Muhammad Adlin Sila, Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Andi Faizal Jollong, S.Ag, Ketua, Kepala LLDIKTI Wil.IX Sultanbatara, Dr.Andi Lukman, M.Si, Beberapa Rektor, Ketua BPH Indonesia Timur, H.Ambo Asse, Kadis Pendidik Sulsel, H.Iqbal Najamuddin, SE, H.Anwar, SE,MM, KH. Abubakar Paka, MH, Walikota Bontang, Basri Rase, S.IP, M.Si, Ka.Prodi, Kepala Biro dan Lembaga, Dosen, Sejumlah Pejabat, Orang tua, para Wisudawan.

(Humas/Beddu Lahi ).