UIT Makassar Gelar Sosialisasi MBKM KM 7 dan PMM 4 secara Zoom.

siaranrakyat- Makassar- Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar Gelar Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kampus Mengajar (KM) 7 dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 secara Zoom, Jum’at 10 November 2023.

Ketua panitia pelaksana, Beddu Lahi, S.Sos, M.Si mengatakan Sosialisasi MBKM Program KM 7 dan PMM 4 menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan pendidikan kita. Kedua program ini merupakan program MBKM, atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Pada dasarnya program ini telah disosialisasikan oleh Kementerian akan tetapi sesuai surat yang dikirim kepada kami kementerian untuk melakukan sosialisasi lingkup Universitas maka kami mengadakan pertemuan ini.

“Kampus Mengajar angkatan 7 dengan slogannya ” Belajar Sambal Berdampak”, merupakan inovasi Pendidikan Tinggi yang memberikan kebebasan dan kemandirian kepada mahasiswa dalam menentukan jalannya belajar. Program ini tidak hanya tentang menggali pengetahuan didalam kelas, tetapi juga mengenai pengembangan diri, pengelaman dan keterampilan diluar dinding-dinding kelas . Program.Kampus Mengajar ini merupan implementasi baru bagaimana seorang dosen dan mshasiswa berkolaborasi mengabdi untuk edukasi. Kampus Mengajar ini tidak hanya diperuntukkan untuk mahasiswa akan tetapi juga duperuntukkan untuk Dosen sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), “kata Beddu Lahi.

” Melalui sosialisasi ini, kami berharap kita semua dapat memahami lebih dalam esensi dari MBKM khususnya program KM dan PMM, dan juga kami berharap agar program ini didukung oleh semua Dekan dan Ka.Prodi dengan adanya kurikulum MBKM. Mari kita bersama-sama memfaattkan kesempatan yang diberikan ini untuk.meraih ilmu, pengalaman, dan pembelajaran lebih bermakna,” ujar ketua pelaksana.

Ketua pelaksana, menyampaikan terima kasih kepada Rektor UIT, Wakil Rektor I, II, III, Ketua LPPM, Kepala Biro dan Lembaga, Dekan, Ka.Prodi, Dosen, Panitia, dan Mahasiswa, atas partisipasinya mengikuti acara ini sehingga berjalan dengan baik, “kata Beddu Lahi.

Baca Juga :
Menyiapkan Pemilu, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dapat Edukasi Dari KPU

Rektor UIT, Dr. Abdul Rahman, S.Pt, SE, MM mengatakan memberikan apresiasi buat seluruh panitia dan seluruh bapak ibu menjalankan kegiatan ini pada kegiatan MBKM mulai dari awal sampai 7. Harapan saya untuk mahasiswa silahkan bergabung dalam kegiatan, dan penanggungjawab MBKM ini, kita mengharapkan literatur baru dalam kegiatan pengembangan Universitas kita ini, ” kata Rektor.

“Apa yang ingin kita capai dalam proyeksi ke depan mengenai MBKM ini sendiri, yang harus kita jadikan acuan bahwa dengan adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan berbagai bentuk dan sebuah tujuan daripada Mas Menteri membuat program ini adalah bentuk-bentuk dengan adanya Pertukaran, adanya Pengabdian, dan bentuk yang lain nantinya seperti kemarin saya juga dengan Universitas Balikpapan ke depannya bisa sebuah pertukaran atau bentuk yang lain Visi dan Misi MBKM ini. Oleh karena itu, harapan saya pak Beddu sebagai ketua pelaksana sosialisasi MBKM ini dikomunikasikan dengan baik seluruh teman-teman Tim yang bisa menjadikan acuan bahwa MBKM ini, kita lakukan seperti apa yang.ingin kita capai, ” ucap Rektor.

Rektor UIT menyampaikan terima kasih lagi kepada seluruh peserta sosialisasi menjadi harapan Universitas ke depannya, ” ungkapnya.

Ketua LPPM UIT, Nismawati, S.Si, M.Kes mengatakan ini sangat membantu memberikan pencerahan bagi Mahasiswa dan Dosen yang ikut ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan MBKM khususnya KM 7 dan PMM 4.Terima kasih kepada Humas UIT yang telah melaksanakan sosialisasi ini. Semoga banyak mahasiswa yang bersedia mengabdi belajar sambil berdampak bersama program Kampus Mengajar dan semoga ada juga mahasiswa kita yang ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kampus (PMM 4),” kata Nismawati.

Baca Juga :
Unhas dan UNICEF Tandatangani MoU. Rektor Unhas: Visi Misi Unicef Sesuai Program KKN

Kegiatan Sosialisasi ini dengan menghadirkan narasumber diantaranya, Ketua LPM UIT, Dr.Syahrul Syawal, MM, Koordinator PT KM 6/ Ketua LPPM UIT, Nismawati, S.Si, M.Kes, Koordinator PT PMM 3/ Dekan FKM, Marhtyni, S.KM, M.Kes, DPL KM 6/Ka.Prodi Ilmu Komunikasi, Fyan Andinasari Kuen, S.IP, M.I.Kom, Mahasiswa KM 6/Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIT,Fitri Auliani Rizka, Peserta PMM 3 Universitas Muhammadiyah Aceh/ Mahasiswa Kesmas FKM UIT, Nurul Aulia, dan Moderator/Sekretaris Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT, Anita Alfah Rahmah.

Sosialisasi ini turut dihadiri Wakil Rektor I, Drs. Hanafi A Kadir, SKM, M.Kes, Wakil Rektor II, Dr.Arjang, ST,MT, MM, Wakil Rektor III, Muhammad Zulqifli, S.Kom, MM, M.Si, Dekan, Ka.Prodi, Dosen, Mahasiswa, dengan jumlah peserta 120 orang.

(Humas UIT/Beddu Lahi).