UKM Panahan Unhas Galang Donasi untuk Atlet Peraih Medali Perak Olimpiade Seoul

siaranrakyat, MAKASSAR – Kusuma Wardhani, peraih medali perak Olimpiade 1988 Seoul, sedang terbaring di rumah sakit karena penyumbatan pembuluh darah. Sang atlet asal Makassar tersebut sudah kesulitan berjalan dan hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur.

Para simpatisan pun tergerak, termasuk oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga. Perhatian pun terus mengalir kepada perempuan kelahiran 1964 ini. Termasuk dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panahan Universitas Hasanuddin.

Sebagai bagian dari masyarakat panahan Indonesia, UKM Panahan Unhas melakukan penggalangan donasi untuk Kusuma Wardhani melalui kegiatan Archery Fun Day pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Bertempat di Lapangan Panahan Unhas, open donasi ini terbuka untuk umum dengan donasi dimulai dari Rp15 ribu. Dengan jumlah uang tersebut, peserta mendapat 3 rambahan atau anak panah. Seratus persen dana yang diperoleh dari kegiatan ini akan didonasikan langsung kepada Kusuma Wardhani.

Ketua UKM Panahan Unhas, Haswira K, menjelaskan bahwa Archery Fun Day ini merupakan salah satu program kerja organisasi yang melibatkan anggota maupun peminat olahraga panahan. Namun, pada Archery Fun Day kali ini sedikit berbeda karena dirangkaikan dengan aksi sosial berupa penggalangan dana untuk Kusuma Wardhani.

Baca Juga :
Drawing Piala Dunia U-17: Indonesia Selamat dari Grup Maut

“Kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi bahwa memanah itu menyenangkan dan sekaligus bersamaan dengan kegiatan open donasi terhadap olympian bidang panahan, Ibu Kusuma,” jelas Haswira yang merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan, Sabtu (26/8).

Terkait target donasi yang ingin dikumpulkan, mahasiswa angkatan 2020 ini mengatakan tak punya target khusus. Namun ia dan anggota berusaha semaksimal mungkin untuk menarik simpatisan, baik dari sivitas akademika Unhas maupun umum untuk berkontribusi dalam bentuk donasi dalam rangka meringankan beban Kusuma Wardhani.

“Teman-teman UKM Panahan Unhas sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan Archery Fun Day sebagai bentuk upaya open donasi. Untuk donasi hingga saat ini sudah ada yg terkumpul,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi, PhD sangat mengapresiasi aksi sosial yang dilakukan UKM Panahan.

“Kami tentu sangat mengapresiasi adanya bentuk kepedulian dari UKM Panahan terhadap atlet senior yang sudah mengharumkan nama Indonesia. Untuk itu Unhas memberikan dukungan terselenggaranya kegiatan ini,” terang Abdullah Sanusi.

Baca Juga :
Pemkab Samosir Dukung Kegiatan Lomba Mancing yang Diinisiasi oleh Forum Masyarakat Samosir (Formas)

Pada kesempatan ini, ia juga mengajak kepada seluruh anggota maupun masyarakat yang hobi panahan agar bisa ikut berpartisipasi dalam aksi sosial ini.