Unhas dan UNICEF Tandatangani MoU. Rektor Unhas: Visi Misi Unicef Sesuai Program KKN

siaranrakyat, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menerima audiensi dari Deputi Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia, Jean Nsonjiba Lokenga, yang turut disertai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Rektor, Lantai 8, Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Selasa (20/2/2024).

UNICEF telah lama bekerja dengan pemerintah, organisasi masyarakat sipil, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan pemenuhan hak-hak anak, seperti hak untuk kelangsungan hidup, perlindungan, perkembangan, dan partisipasi, yang diatur oleh Konvensi Hak-Hak Anak. Fokusnya meliputi akses berkualitas di bidang gizi, air dan sanitasi, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan anak.

Kolaborasi yang luas juga telah terjadi antara UNICEF dan sivitas akademika Universitas Hasanuddin, baik melalui pertukaran keahlian maupun kerja sama timbal balik lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Jean Nsonjiba Lokenga, Deputi Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia, dengan tegas menyampaikan visi serta misi UNICEF dalam mendukung tridarma perguruan tinggi.

Baca Juga :
Pesan CEO Bosowa Kepada Mahasiswa Baru Unibos 2023

Menurutnya, UNICEF berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam memastikan pemenuhan hak-hak anak, terutama dalam konteks kelangsungan hidup, perlindungan, perkembangan, dan partisipasi.

Dalam hal ini, UNICEF berfokus pada upaya memastikan akses yang merata dan berkualitas di bidang gizi, air dan sanitasi, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan anak.

Dengan kerja sama yang erat antara UNICEF dan perguruan tinggi, diharapkan dapat terwujudnya kolaborasi yang bermanfaat dalam mencapai tujuan bersama untuk kesejahteraan dan perlindungan anak-anak di Indonesia.

Rektor Unhas, Prof. JJ, menyambut baik kunjungan UNICEF, dirinya mengungkapkan bahwa dukungan terhadap program UNICEF dapat diimplementasikan dengan baik melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Menurutnya, KKN merupakan program strategis yang sejalan dengan visi dan misi UNICEF, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam pemenuhan hak-hak anak dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan.

“Dukungan terhadap program UNICEF dapat menjadi pendorong utama bagi mahasiswa dalam mempraktikkan nilai-nilai kemanusiaan dan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN),” Jelas Prof. JJ.

Baca Juga :
Bahas Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah, KKMB UIN Makassar Gelar Sharing Session

Penandatanganan MoU ini menandai komitmen bersama antara Universitas Hasanuddin dan UNICEF dalam menjalankan berbagai program untuk mewujudkan hak-hak anak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.