Unhas Sosialisasi Kartu Prakerja, Tampilkan Tren Perubahan Pekerjaan Global

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi dengan Kartu Prakerja menyelenggarakan Kuliah Umum di Aula Prof Mattulada, Senin (25/3/2024).

Dengan tema ?Navigasi Peluang: Mengembangkan Prospek Kerja Melalui Upskilling dan Reskilling?, kuliah umum ini menghadirkan Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksanaan Kartu Prakerja, Cahyo Prihadi.

Dipandu oleh Direktur Kemahasiswaan Unhas yang juga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Abdullah Sanusi PhD selaku moderator, kegiatan ini dipadati sekitar seratus peserta dari berbagai fakultas.

Mewakili Rektor Unhas, Abdullah Sanusi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terjalin antara Unhas dan Kartu Prakerja. Pada momentum ini, ia mengajak kepada seluruh mahasiswa agar terus mengupdate skill dan memperbaiki kualitas diri agar dapat memperbaiki kualitas hidup di masa depan.

?Saya berharap mahasiswa sekalian juga bisa memberi masukan atau input untuk program Kartu Prakerja, misalnya topik-topik pelatihan ataupun tantangan yang dihadapi dalam mengakses pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas,? ujarnya.

Baca Juga :
Meriahnya Job Fair & Student Expo Politeknik Bosowa, Jadi Ajang Kompensasi Mencari Loker

Sementara itu, mengawali pemaparannya, Cahyo Prihadi memaparkan data pekerja Indonesia sebelum hadirnya Kartu Prakerja dan setelah program tersebut berlangsung sejak 2020 sampai saat ini.

?Program Kartu Prakerja ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, produktivitas, daya saing, dan mengembangkan kewirausahaan angkatan kerja Indonesia,? ujarnya.

Selain itu, ia juga memaparkan transformasi Kartu Prakerja dari waktu ke waktu hingga bisa menjawab tantangan-tantangan dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada seluruh penerima manfaat program.

?Kami mendesain website Prakerja sangat user friendly agar mudah diakses oleh siapapum yang mau mendaftar. Jadi sebaiknya mendaftar program ini secara mandiri,? ujarnya.

Selain itu, ia juga memaparkan tentang tren perubahan pekerjaan global yang harus dipersiapkan mahasiswa mulai sekarang, termasuk 10 top skill yang diprediksi tumbuh pada tiga tahun mendatang di 2027.

Baca Juga :
Unhas dan Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana Sepakati MoU Pengembangan Pendidikan

Sesi kuliah umum ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab bersama mahasiswa. Peserta pun antusias menanyakan tentang kelanjutan Program Kartu Prakerja hingga tantangan yang dihadapi di masa mendatang.