7 Cara Alami Untuk Membersihkan Karang Gigi

siaranrakyat – Banyak orang yang masih takut untuk memeriksakan giginya ke dokter ketika tidak mengalami keluhan atau rasa sakit. Padahal perlu dilakukan pemeriksaan sekaligus pembersihan karang gigi untuk mengatasi kondisi ini.

Namun, banyak orang yang mulai mencari cara menghilangkan karang gigi yang telah mengeras secara alami. Padahal sebetulnya pembersihan karang gigi atau scaling ke dokter tidak lah menakutkan. Namun jika Anda tetap ingin melakukannya di rumah, ada beberapa cara termudah untuk menghilangkan karang gigi.

Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/1) berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan karang gigi.

1. Menyikat gigi

Salah satu cara termudah menghilangkan karang gigi secara alami adalah menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Anda harus menggunakan sikat gigi lembut yang Anda ganti setidaknya setiap tiga sampai empat bulan, saat bulunya mulai rontok.

2. Floss

Sebelum Anda menyikat gigi, Anda bisa melakukan floss dengan benang khusus untuk mengendurkan sisa makanan sehingga Anda bisa menyikatnya dengan maksimal.

Gosok benang ke atas dan ke bawah dengan lembut, terus tekan ke gigi Anda. Berhati-hatilah untuk tidak menyentak atau mematahkan benang.Ulangi proses ini untuk semua gigi Anda, berhati-hatilah dengan benang di belakang gigi belakang Anda juga.

3. Kumur Minyak

Anda bisa memakai minyak kelapa atau minyak zaitun di sekitar mulut Anda dapat memperkuat gigi, mencegah kerusakan gigi, menenangkan gusi yang sakit, dan menghilangkan karang gigi atau plak.

Baca Juga :
Siapkan Generasi Emas, Klinik Gadget Sehat Prof Ridha Resmi Beroperasi di Medan

Anda bisa berkumur sekitar satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun di sekitar mulut Anda selama 20 hingga 30 menit (lebih lama dari yang Anda lakukan dengan obat kumur biasa). Minyak kelapa diyakini sangat bermanfaat karena mengandung asam lemak seperti asam laurat, zat dengan efek antiinflamasi dan antimikroba.

4. Baking Soda

Peneliti telah menemukan bahwa orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung baking soda menghilangkan lebih banyak plak dan memiliki lebih sedikit plak yang tumbuh kembali selama 24 jam dibandingkan orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang tidak mengandung soda kue.

Soda kue efektif menghilangkan karang karena merupakan pembersih alami dan bersifat abrasif, artinya baik untuk digosok.

5. Kunyah permen karet tanpa gula

Jika Anda tidak bisa menyikat segera setelah makan atau minum, kunyahlah permen karet bebas gula.

6. Flosser air

Alat ini menggunakan tekanan air untuk mengeluarkan makanan dan plak yang mungkin tidak terjangkau oleh benang. Menggunakan flosser air bersama dengan sikat gigi manual 29% lebih efektif dalam menghilangkan karang gigi daripada menggunakan benang benang dan sikat gigi manual. Namun, itu tidak menggantikan flossing benang yang harus tetap digunakan sebagai tambahan.

Baca Juga :
Penyebab dan Langkah Mengatasi Keringat Dingin

7. Kulit Jeruk

Jeruk menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok sampai rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman, besoknya Anda boleh berkumur di malam hari. (wol/okezone/ryan/d2)