Apa Benar Ayah Bisa Terkena Baby Blues?

JAKARTA, siaranrakyat – Selama ini baby blues atau masalah gangguan perubahan suasana hati memang sering kali terjadi kepada ibu. Ini terjadi karena si ibu dipengaruhi beberapa faktor perubahan fisiologis ibu, seperti hormon, masalah fisik, dan sebagainya.

Namun, ternyata baby blues ini juga bisa terjadi kepada para Ayah. Bahkan para ayah ini menunjukkan gejala yang hampir sama yang dialami para ibu saat baby blues.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association sekitar 10% Ayah bisa menjadi depresi sebelum atau sesudah bayi mereka lahir.

?Semua orang tahu bahwa hormon ibu mungkin akan banyak berubah selama dan setelah proses kehamilan. Tetapi ada bukti juga yang menyatakan bahwa ayah dapat mengalami perubahan nyata dalam kadar hormon mereka ketika bayi sudah lahir,” kata Dr Bea, dikutip dalam Cleveland Clinic.

Meskipun nampak sepele, karena mungkin terjadinya baby blues pada seorang Ayah tidak sebanyak kasus pada Ibu. Akan tetapi dr Bea menekankan, bahwa tidak ada yang memalukan tentang depresi pascapersalinan, pekerjaan baru seorang Ayah dengan waktu yang panjang serta tanpa gaji, tidak sedikit dari Ayah mungkin akan melakukan pekerjaan itu dengan tidak sungguh-sungguh. Sehingga mendukung timbulnya depresi pascapersalinan.

Baca Juga :
Tips Memotong Daging Sapi agar Tak Alot saat Dimakan

Untuk itu, mengetahui gejala dan penanganan baby blues juga penting untuk diketahui. Karena dengan begitu, setidaknya Ayah juga akan meminimalisir terjadinya baby blues pada Ibu, dan membuat pola pengasuhan anak menjadi lebih menyenangkan.

Menurut Ahli Psikolog Klinis Dewasa, Disya Arinda penugasan pengasuhan anak wajib dilakukan oleh ayah dan ibu, dengan begitu ibu tidak akan merasa mempunyai tanggung jawab besar seorang diri, karena pembagian menjadi lebih ringan.

?Cara bantu ibu dengan baby blues yang paling mendasar adalah berempati dulu. Pahami bahwa menjadi ibu itu gak mudah, meski kita (ibu-ibu) dulunya merasa bisa cepat pulih pasca melahirkan, karena ibu2 yg lain bisa aja kondisi dan kerentanannya gak sama,? ucap Disya Arinda.

Selain itu bagaimana cara ayah agar dapat mempertahankan suasana hatinya lebih baik di tengah situasi menyesuaikan diri dengan bayinya?

Dr Bea merekomendasikan untuk Ayah berfokus pada dasar-dasar perawatan diri, seperti:

Baca Juga :
The Reiz Suites, ARTOTEL Curated – Medan Tambah Fasilitas Photobox Sebagai Sarana Kreasi Tamu

1. Makan dengan baik

2. Olahraga

3. Istirahat dengan baik

4. Hindari minum alkohol, berjudi dan perilaku buruk lainnya

5. Bicarakan tentang perasaan Anda dengan pasangan, orang tua, saudara kandung, atau teman Anda

Tidak lupa Dr Bea juga mengungkapkan, pentingnya berkomunikasi dengan pasangan, apabila merasa butuh bantuan untuk pengasuhan si Kecil, karena itu juga dapat membuat Anda menjadi ayah yang baik.

“Meminta bantuan bukan berarti kamu tidak bisa,” tutur Dr Bea.(wol/okezone/eko)