Ballon d’Or 2023: Lionel Messi Menang Tapi Puji Erling Haaland

PARIS, siaranrakyat – Lionel Messi dipastikan merebut Ballon d?Or 2023 di Paris, Selasa (31/10). Ini menjadi gelar kedelapan yang diraih Messi sepanjang kariernya sekaligus mengungguli Erling Haaland (Manchester City) dan Kylian Mbappe (PSG).

“Pemenang Ballon d’Or 2023 adalah Lionel Messi,” kata David Beckham selaku pemilik Inter Miami yang kini diperkuat La Pulga.

Penampilan apik Messi bersama Timnas Argentina menjadi alasan kuat merebut Ballon d?Or 2023. Di Qatar, La Pulga menyumbangkan tujuh gol sekaligus menjadi pemain terbaik kejuaraan. Catatan tersebut mengalahkan Haaland yang merebut treble winners bersama City.

Kendati demikian, Messi tetap menaruh respek kepada Haaland. Dalam pidatonya, mantan bintang Barcelona itu memuji striker Timnas Norwegia tersebut setinggi langit. Tak hanya Haaland, Messi turut memberi pujian kepada Mbappe.

“Seperti yang saya katakan, dia juga sangat pantas mendapatkannya (Ballon d’Or). Erling memenangi Liga Premier, Liga Champions, dan menjadi pencetak gol terbanyak dalam segala hal,” kata memuji Haaland yang mencetak 52 gol di semua ajang musim lalu.

Baca Juga :
Dispora Sediakan Games Lambasena dan Dende Berteknologi VR & AR dan Kompetisi PS 5 Gratis Berhadiah Rp25 Juta di F8

“Penghargaan ini juga bisa menjadi milik Anda, jadi saya yakin pada tahun-tahun mendatang Anda akan memenangkannya,” tutur Messi.

Haaland sendiri tidak pulang dengan tangan hampa. Pria berambut pirang itu dinobatkan sebagai striker terbaik di dunia dan mendapat Gerd Muller Trophy. Penghargaan tersebut diberikan kepada pencetak gol terbanyak dalam satu musim bersama klub dan negara.

Ballon d?Or 2023 untuk wanita direbut oleh Aitana Bonmati (Barcelona), sedangkan Jude Bellingham (Real Madrid) menjadi pemain muda terbaik. Layaknya Piala Dunia 2022, kiper terbaik milik Emiliano Martinez (Timnas Argentina).

Vinicius Junior diberi gelar Socrates Award atas jasanya mendirikan Instituto Vini Jr. Didirikan striker Real Madrid tersebut, institut ini berperan penting dalam kampanye melawan rasisme serta membantu anak-anak yang membutuhkan di Brazil.

Baca Juga :
Pelatih Ingatkan Pemain PSMS Tetap Jalankan Game Plan Kontra Semen Padang

sementara itu, Manchester City yang merebut treble musim lalu sah sebagai klub pria terbaik. Dari kategori klub perempuan terbaik, penghargaan tersebut jatuh ke tangan FC Barcelona. (wol/aa/dailymail/twt/d1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL