Begini Cara Menulis Kutipan yang Baik dan Benar

Jakarta, siaranrakyat – Mengetahui dan dapat mengimplementasikan cara menulis kutipan dengan benar adalah suatu keterampilan yang penting dalam dunia penulisan.

Kutipan tidak hanya digunakan untuk memberikan dukungan pada argumen, tetapi juga untuk menghormati karya orang lain dan menghindari tindakan plagiarisme.

Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Menulis kutipan tidak langsung adalah suatu keterampilan yang tak ternilai dalam dunia penulisan, apalagi jika Anda berniat untuk menjadi seorang freelance writer. Berikut cara menulis kutipan tidak langsung dengan tepat:

? Kutipan ditulis ulang dengan menggunakan teknik parafrase atau gaya bahasa sendiri

? Bukan dengan tanda kutip, akhiri dengan nomor kutipan

? Aturan jarak spasi untuk kutipan lebih dari 4 baris adalah 2,5 spasi dan yang kurang dari 4 baris dapat ditulis di dalam teks.

Cara Menulis Kutipan Langsung

Dalam dunia penulisan, penggunaan kutipan langsung merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperkuat argumen dan memberikan dukungan pada ide yang diungkapkan. Kutipan langsung terbagi dalam dua jenis, yaitu, kutipan langsung pendek dan kutipan langsung panjang. Kedua jenis ini memiliki cara menulis kutipan langsung yang berbeda, di antaranya:

1. Kutipan Langsung Pendek

Cara menulis kutipan langsung pendek baru bisa diterapkan jika kutipan tersebut memiliki jumlah kata yang kurang dari 40 kata atau 4 baris. Cara menulisnya, yaitu:
? Kalimat kutipan harus ditulis menjadi satu dengan teks

? Berikan jarak antar baris pada kutipan sebanyak dua spasi

? Sertakan tanda petik ganda (“…”) untuk membatasi kutipan dan menunjukkan bahwa itu adalah pengulangan langsung dari sumber asli.

Baca Juga :
204 Juta Data DPT Dikhawatirkan Bocor! Hacker Diduga Nyamar Jadi Admin KPU

? Setelah menyajikan kutipan, berikan informasi sumber yang lengkap, termasuk nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman, yang ditempatkan di dalam tanda kurung.

Contoh:

Dalam mendeskripsikan fenomena tersebut, Smith (2018) menjelaskan, “Ketidakpastian situasional memainkan peran krusial dalam mengarahkan keputusan manajerial” (hal. 56). Dalam konteks ini, Smith menyoroti betapa pentingnya memahami variabel-variabel yang terlibat dalam pengambilan keputusan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2. Kutipan Langsung Panjang

Cara menulis kutipan langsung panjang dapat diterapkan ketika jumlah kata dalam kutipan tersebut telah melebihi 40 kata atau mencapai 4 baris.

Proses penulisan kutipan ini melibatkan langkah-langkah berikut:

? Kutipan dapat dipisahkan dari teks utama dengan memberikan jarak tiga spasi.
? Spasi antar baris pada kutipan sebaiknya diatur menjadi satu spasi.
? Penggunaan tanda petik ganda (“…”) dalam mengapit kutipan adalah opsional.
? Pastikan untuk menyertakan informasi mengenai sumber asli setelah menuliskan kutipan.
? Berikut adalah contoh kutipan langsung yang panjang:

Menurut Darwin (1859):

“Menarik untuk memikirkan sebuah bank tanah yang terjalin, ditumbuhi oleh banyak tanaman dari berbagai jenis, dengan burung-burung bernyanyi di atas semak-semak, dengan berbagai serangga beterbangan, dan cacing-cacing merayap di dalam tanah yang lembap. Lalu, merenunglah bahwa bentuk-bentuk yang rumit ini, begitu berbeda satu sama lain, dan saling bergantung dengan cara yang begitu kompleks, semuanya telah dihasilkan oleh hukum-hukum yang berlaku di sekitar kita.”

Baca Juga :
Telkomsel, Mitra Resmi FIFA U-17 World Cup 2023™️, Bawa Jaringan 5G dan Paket Nonton Bola

Cara Menulis Kutipan yang Berasal dari Internet

Ketika Anda mengutip dari internet, langkah-langkahnya mirip dengan mengutip dari sumber cetak, namun dengan beberapa perbedaan:

? Cukup tuliskan nama pengarang diikuti dengan tahun terbit artikel.
? Judul artikel, alamat URL, dan waktu akses sebaiknya dicantumkan di dalam daftar pustaka, bukan langsung setelah kutipan.

Dengan mengikuti panduan dari cara menulis kutipan ini, Anda dapat menulis kutipan dengan benar dan sesuai dengan norma-norma penulisan ilmiah. Konsistensi dalam penggunaan format kutipan adalah kunci untuk menjaga integritas akademis tulisan Anda. Jika terasa ribet, Anda bisa memanfaatkan jasa freelance writer dengan klik disini. Beritahu kebutuhan Anda dan tinggal tunggu hasilnya.(wol/rls/eko/d2)