Bupati Samosir Dampingi Tim Kemenkomarves Survey Lokasi Event Aquabike World Championship 2023

siaranrakyat – Samosir | Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Event Aquabike World Championship 2023, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST bersama Tim Kemenkomarves RI yang dipimpin oleh Asisten
Deputi Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Kosmas Harefa, melakukan survey lokasi di Waterfront City Pangururan Kabupaten Samosir, Rabu (13/9/2023).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Trukan Sri Bahukeling (Kemenko Marves), Andi Marpaung (Kemenparekraf), Tim InJourney, PPK Waterfront City Enda Simakasura Ketaren, BPPW Sumut, BWS Sumatera II, BBPJN Sumut, BODT, BPKAD Provsu, SAB Rudi SM Siahaan, Kepala Bappeda Litbang Rajoki Simarmata, Kadis Dikpora Jhonson Gultom, Kadis Budpar Tetty Naibaho, Kepala BPKPD Melva Siboro, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, Kadis PUTR Rudimantho Limbong, Kadishub Laspayer Sipayung, serta perwakilan OPD lainnya.

Sebelum survey ke lokasi area utama perlombaan yakni kawasan Waterfront City, seluruh tim yang hadir melakukan diskusi bersama di Rumah Dinas Bupati Samosir. Dalam diskusi tersebut dibahas terkait kesiapan infrastruktur dan kebutuhan dukungan teknis, even-even pendukung, kesiapan UMKM lokal, pengalokasian anggaran dana, serta pemaparan gambaran umum pelaksanaan main event oleh Tim InJourney.

Baca Juga :
233 Ribu Wisatawan Kunjungi Toba Caldera Resort Hingga September 2023

Asdep Kosmas Harefa berharap agar progres pengerjaan Waterfront City Pangururan sebagai lokasi utama event Aquabike di Samosir hendaknya digenjot dan desainnya disesuaikan dengan kebutuhan event seperti yang sudah disepakati pada rapat-rapat sebelumnya. Untuk suksesnya acara, Kosmas meminta sebelum finalisasi konsep acara, perlu dilakukan sinkronisasi konsep dari pemerintah pusat dan daerah dengan InJourney selaku koordinator penyelenggara, sehingga dampak dari pelaksanaan Aquabike dapat dirasakan oleh masyarakat lokal.

Pengaturan jadwal acara pendukung juga perlu dikoordinasikan dengan jadwal event utama, sehingga tidak terjadi benturan. Konsep site event juga harus melibatkan pegiat ekonomi lokal, komunitas lokal, budaya lokal dan juga artis-artis lokal.

Untuk mendukung kesuksesan event ini, pada kesempatan tersebut, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom meminta agar even-even lainnya, baik yang berskala nasional maupun daerah yang dilaksanakan di kawasan Danau Toba, agar menyesuaikan jadwalnya dengan pelaksanaan event Aquabike World Championship 2023, sehingga tidak berlangsung secara bersamaan.*** (Makkirim)

Baca Juga :
Hotel Zaman Belanda Ini Masih Eksis di Kota Medan