Daftar 5 Aplikasi yang Paling Banyak Digunakan Sepanjang Tahun 2023

siaranrakyat – Era digital memang tidak bisa lepas dari genggaman ponsel. Setiap harinya orang-orang selalu berkutat dengan ponselnya baik untuk pekerjaan maupun hiburan. Mereka menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah diunduh pada perangkat selulernya dengan segala fungsinya masing-masing.

Terlebih berdasarkan data We Are Social, Indonesia pada Januari 2023 memiliki pengguna internet sebanyak 212.9 juta yang merupakan 77% total populasi penduduk di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memiliki pengguna aktif media sosial sebanyak 167 juta, angka tersebut merupakan 60% dari total populasi penduduk di Indonesia.

Dilansir dari We Are Sosial, Minggu (17/12/2023), berikut ini Okezone Techno berikan rangkuman lima aplikasi yang paling banyak digunakan pada tahun 2023.

1. WhatsApp

Aplikasi dari perusahaan Meta ini menempati rangking pertama dalam aplikasi yang paling banyak digunakan pada tahun 2023. Aplikasi bertukar pesan daring ini pastinya sering digunakan karena setiap harinya pengguna perlu melakukan komunikasi untuk berbagi informasi dan kabar. Aplikasi ini menyentuh angka 92.1% dari banyak populasi di Indonesia.

2. Instagram

Aplikasi selanjutnya memiliki pengguna sebanyak 86.5% populasi sebagai aplikasi yang banyak digunakan pada tahun 2023. Aplikasi tersebut juga merupakan bagian dari perusahaan Meta, yaitu Instagram. Platform media sosial ini banyak orang-orang gunakan sebagai alat berbagi foto dan video.

Baca Juga :
Indosat Ooredoo Hutchison dan Ernest Prakasa Kembali Hadirkan Web Series ‘Kalau Jodoh Takkan Kemana’

3. Facebook

Aplikasi ketiga yang paling banyak digunakan selanjutnya juga berasal dari anak perusahaan Meta. Facebook yang merupakan media sosial populer ini digunakan sebanyak 83.8% memiliki angka yang tidak jauh dari Instagram.

Facebook saat ini digunakan sebagai platform yang memiliki berbagai macam fungsi. Mulai dari berbagi foto, video, tulisan, hingga banyak lagi.

4. TikTok

TikTok merupakan aplikasi berikutnya yang banyak digunakan pada tahun 2023. Aplikasi ini memiliki persentase sebanyak 70.8% dari populasi di Indonesia.

Platform media sosial berbasis foto dan video ini memiliki jutaan konten yang bervariasi dan dapat diakses dengan mudah. Sehingga tidak dapat dipungkiri jika aplikasi ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

5. Telegram

Aplikasi terakhir yang sering digunakan adalah Telegram dengan persentase sebanyak 64.3% dari populasi. Aplikasi yang penggunaannya hampir mirip dengan WhatsApp ini sering digunakan sebagai platform bertukar dan berbagi informasi. Pada Telegram juga sering digunakan untuk mendapatkan informasi dari Channel yang dapat mudah dicari dan dimasuki.

Baca Juga :
Gojek Luncurkan GoCampus Ambassador! Mudahkan Mahasiswa Lewat Solusi Hemat

Itulah lima aplikasi yang paling banyak digunakan pada tahun 2023. Aplikasi-aplikasi tersebut didominasi oleh media sosial yang digunakan hampir sepanjang hari.

Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia tidak lepas dari interaksinya pada dunia maya. Dari kelima aplikasi di atas, manakah aplikasi yang paling sering kamu gunakan? (Okezone.com)