Daftar Smartphone yang Tak Lagi Mendukung WhatsApp Mulai 24 Oktober 2023

siaranrakyat ? Ini dia deretan ponsel yang tidak lagi mendukung penggunaan WhatsApp mulai 24 Oktober 2023 mendatang. Aplikasi pengiriman pesan milik Meta itu telah mengumumkan untuk menghentikan penggunaan aplikasi ke beberapa tipe ponsel.

Bila Anda pengguna ponsel pintar yang sudah cukup lawas, sepertinya sudah saatnya mempertimbangkan untuk berganti perangkat baru. Pasalnya, WhatsApp dikabarkan akan menghentikan dukungan layanannya secara berkala pada perangkat yang dianggap sudah usang.

Saat ini, ponsel Android yang bisa menggunakan WhatsApp adalah mulai dari OS 4.1 (Jelly Bean) atau yang terbaru. Sedangkan OS yang lebih tua dari itu tidak akan bisa menjalankan WhatsApp.

Adapun aplikasi WhatsApp dapat dijalankan pada ponsel dengan spesifikasi ponsel Android minimal OS 4.1, sedangkan untuk iPhone minimal sistem operasi iOS 12, KaiOS 2.5.0, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

“Saat ini, kami mendukung dan merekomendasikan penggunaan perangkat berikut, Telepon Android yang menjalankan OS 4.1 dan yang lebih baru, iPhone yang menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru, KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2,” tulis WhatsApp pada situs resminya.

Baca Juga :
Inspirasi Vlog “A Day in My Life” dengan Samsung Galaxy M54 5G

Adapun beberapa ponsel yang tidak lagi mendukung penggunaan WhatsApp mulai 24 Oktober 2023, dilansir dari situs Times of India, Jumat (13/10) adalah sebagai berikut.

? Nexus 7

? Samsung Galaxy Note 2

? Samsung Galaxy S2

? Samsung Galaxy Nexus

? HTC One

? HTC Sensation

? HTC Desire HD

? Sony Xperia Z

? Sony Xperia Z2

? LG Optimus G Pro

? LG Optimus 2X

? Motorola Droid Razr

Sebagai tambahan informasi, pengguna iPhone dengan sistem operasi di bawah iOS 12 juga tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 24 Oktober mendatang. WhatsApp sendiri secara teratur meninjau sistem operasi mana yang akan didukung dan melakukan pembaruan.

“Seperti perusahaan teknologi lainnya, setiap tahun kami meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling tua dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit untuk menentukan dukungan apa yang akan dihentikan. Perangkat-perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang dibutuhkan untuk menjalankan WhatsApp.” jelas WhatsApp.

Ketika WhatsApp menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang digunakan pengguna, Anda akan diberitahukan secara langsung di WhatsApp sebelumnya dan diingatkan beberapa kali untuk meningkatkan sistem operasi.

Baca Juga :
Telkomsel, Mitra Resmi FIFA U-17 World Cup 2023™️, Bawa Jaringan 5G dan Paket Nonton Bola

“Sebelum kami menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang Anda gunakan, Anda akan menerima notifikasi langsung di WhatsApp sebelumnya dan diingatkan beberapa kali untuk meningkatkan sistem operasi Anda.” Tutup keterangan perusahaan.

Jadi, jika ponsel Anda termasuk ke dalam deretan ponsel yang tidak lagi mendukung penggunaan WhatsApp mulai 24 Oktober mendatang, Anda perlu bersiap karena tidak dapat lagi menggunakan aplikasi pengiriman pesan tersebut. (okz/pel/d2)