Desain Rumah Minimalis 5×12,5 M, Efisien dan Optimal

siaranrakyat – Desain rumah minimalis 5×12,5 m ini dirancang dengan tata letak yang efisien dan optimal untuk memaksimalkan ruang bagi penghuninya. Desain rumah mungil ini juga mengedepankan estetika, fungsionalitas, dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Desain rumah minimalis 5×12,5 m ini juga populer bagi yang ingin membangun rumah tapi dengan budget terbatas dikarenakan lebih murah dari rumah dengan ukuran lebih besar.

Rumah ini terdiri dari satu lantai dengan kebutuhan ruang seperti tiga kamar tidur, ruang keluarga, dapur, kamar mandi dan ruang lainnya.

Bagi Anda yang membutuhkan inspirasi desain dan denah rumahnya, yuk langsung saja kita simak pembahasannya.

Eksterior

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalDi bagian depan rumah terdapat area carport dengan ukuran 4,5×2,5 m. Carport ini dapat menjadi alternatif pengganti garasi yang lebih murah dan mudah untuk dibangun.

Di samping area carport masih terdapat sisa space untuk tanaman. Tanaman untuk rumah cukup penting, karena dapat memberikan kesan alami dan hijau pada rumah.

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalPada bagian atapnya, rumah ini menggunakan atap model pelana yang begitu populer di Indonesia karena bentuknya yang sederhana dan estetik.

Untuk material atapnya, pada desain rumah ini menggunakan genteng beton yang dipasang pada kemiringan 35 derajat.

Interior

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalMasuk ke dalam rumah kita menjumpai ruang keluarga yang menyatu dengan dapur. Ukuran ruangan ini 6,8×2,5 m dengan tinggi ruangan 3 meter.

Konsep ini biasa disebut dengan konsep open space untuk menyiasati keterbatasan ruang pada rumah mungil sehingga ruangan terasa lebih luas dan lega.

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalPada ruang keluarga ini difungsikan juga sebagai ruang tamu dan bisa dilengkapi dengan satu sofa double, satu sofa single, coffe table, meja tv, dan rak buku.

Baca Juga :
Libur Natal, Plaza Medan Fair Dipadati Pengunjung

Ruangan ini juga sebagai pusat aktivitas anggota keluarga sehingga pemilihan furnitur yang fungsional bisa menambah kenyamanan pada rumah.

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalUntuk dapur pada desain rumah ini menggunakan model mini bar yang berfungsi memanfaatkan ruang yang terbatas pada rumah.

Dapur mini bar tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasak tetapi juga sebagai tempat bersantap dan bersosialisasi dengan keluarga.

Kamar I

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalKamar I ini berukuran 3,7×2,5 m dengan tinggi ruangan 3 meter. Dengan ukuran seperti ini kamar bisa dilengkapi dengan bed queen size, lemari pakaian custom, dan meja rias.

Penggunaan lemari custom ini dirancang untuk menyiasati ukuran kamar yang terbatas, sehingga kamar terasa lebih lega dan estetik dari segi tampilan.

Kamar mandi

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalUntuk kamar mandi pada desain rumah ini berukuran 2,5×1,3 m. Meski tergolong mungil tapi kamar mandi ini sudah bisa dilengkapi dengan wastafel, kloset duduk dan area shower.

Kamar II

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalPada kamar II ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari kamar I yakni 3×2,5 m dengan tinggi ruangan 3 meter. Dengan ukuran seperti ini kamar bisa dilengkapi dengan bed double size yang dicustom dengan lemari dan meja belajar untuk menghemat ruang.

Untuk sirkulasi udara dan pencahayaan alami pada kamar terdapat bukaan jendela ke arah depan atau carport.

Inner courtyard

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalPada desain rumah ini juga terdapat inner courtyard di tengah rumah. Inner courtyard ini berfungsi sebagai tempat cuci dan jemur pada rumah dan juga sebagai sumber sirkulasi udara dan pencahayaan alami.

Kamar III

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalSelanjutnya kita menuju ke kamar III. Kamar ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dari kamar-kamar sebelumnya yakni 2,5×2,2 m dengan tinggi ruangan 3 meter.

Meski ukuran kamar ini sangat kecil namun kamar ini masih bisa dilengkapi dengan bed double size, lemari custom dan meja belajar.

Baca Juga :
Malam Ini, Light Up Ceremony Menjadi Tanda Semarak Sambut Christmas Season

Adapun bukaan jendela pada kamar ini menghadap ke area inner courtyard.

Denah Rumah

Desain Rumah Minimalis 5x12,5 M, Efisien dan OptimalRumah ini berdiri di atas lahan berukuran 5×12,5 m. Pada bagian depan terdapat area carport yang berukuran 4,5×2,5 m. Kemudian di samping area carport masih ada sisa space untuk area pedesterian dan taman yang berukuran 2×2,5 m.

Masuk ke dalam rumah kita mendapati ruang keluarga yang di konsep open space dengan area dapur yang berukuran 6,8×2,5 m. Kemudian ada Kamar I berukuran 3,7×2,5 m, kamar II berukuran 3×2,5 m, dan kamar III berukuran 2,5×2,2 m.

Di tengah rumah ada inner courtyard yang berfungsi sebagai area cuci jemur dan kamar mandi yang berukuran 2,5×1,3 m.

Cukup menarik bukan? Meski tak terlalu luas tapi desain rumah minimalis 5×12,5 m ini mampu menghadirkan kenyamanan dengan optimal. Semoga desain dan denah rumah minimalis ini bisa menambah referensi Anda dalam menentukan desain rumah impian. Semoga bermanfaat. (wol/dk/d1)