Final Piala Dunia U-17, Ronny Tanuwijaya: Kesiapan Mental Jadi Kunci Kemenangan

JAKARTA, siaranrakyat – Final Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, mempertemukan antara Timnas Jerman U-17 kontra Prancis U-17. Partai Final akan berlangsung pada Sabtu (2/12) mulai pukul 19.00 WIB.

Pengamat Sepakbola Ronny Tanuwijaya (foto), mengatakan timnas Perancis U-17, datang berstatus unggulan meski sempat kewalahan semenjak memasuki fase gugur. Padahal di fase grup, Perancis U-17 tampil dominan dengan menjuara juara Grup E berkat tiga pertandingan dengan kemenangan.

Di Grup E tersebut, Perancis U-17 sanggup menghabisi Amerika Serikat, Burkina Faso, hingga Korea Selatan. Lalu di 16 besar Prancis U-17 nyaris saja tersingkir karena mendapatkan perlawanan yang ketat dari Senegal.

Laga pun berlanjut ke babak adu penalti dan hebatnya Prancis U-17 sanggup lolos dengan kemenangan 5-3. Selanjutnya Prancis mampu menang tipis 1-0 atas Uzbekistan di perempatfinal, dan yang terbaru mereka sanggup mengalahkan Mali U-17 dengan skor 2-1 di semifinal yang digelar hari Selasa (28/11/2023) dini hari WIB.

?Sementara Tim Panzer, Jerman U-17 sejatinya sudah mencuri perhatian semenjak di fase grup. Satu gup dengan Meksiko yang merupakan unggulan, Jerman U-17 berhasil keluar sebagai juara Grup F,? katanya.

Selain melibas Meksiko, Jerman U-17 menang atas Selandia Baru dan Venezuela. Lalu di 16 besar menyingkirkan Amerika Serikat, lanjut menghajar Spanyol, dan terakhir tim unggulan lainnya Argentina dibuat takluk di semifinal.

Baca Juga :
India Open 2024: Ginting dan Jojo Mulus

Jerman U-17 mengalahkan Argentina U-17 lewat drama adu penalti karena kedua tim sama kuat 3-3 di waktu normal. Dalam drama adu penalti, Jerman U-17 menang dengan skor 4-2.

Hasil itulah yang mengantarkan Perancis U-17 dan Jerman U-17 lolos ke final Piala Dunia U-17 2023. Bagi Jerman U-17, ini adalah final kedua mereka setelah menjadi runner-up di Piala Dunia U-17 1985. Sementara Perancis U-17 akan berusaha meraih gelar Piala Dunia U-17 kedua mereka setelah yang pertama di edisi 2001.

Ronny menilai dua negara yang bertanding di final nanti memiliki kekuatan berimbang. Pasalnya Perancis dan Jerman telah bertemu di final Piala Eropa U-17 tahun 2023. Jerman tampil sebagai pemenang setelah melalui drama adu pinalti.

?Ada aroma dendam dari Perancis. Di kubu Jerman ada ambisi mengawinkan gelar juara Eropa dan uuara dunia. Ini jadi laga final terbaik dan ketat,? ujarnya.

Dia menilai kedua negara didukung materi pemain muda yang berkualitas. ?Perancis punya kiper bagus Paul Argney, penampilannya dingin meski masih muda. Selain itu masih ada Ismail Bouneb yang lincah dan berbahaya. Di kubu Jerman ada Paris Brunner yang hancurkan lini belakang Argentina. Banyak pemain muda skill tinggi di kedua negara akan jadi final yang sangat ketat,? tambahnya.

Baca Juga :
La Liga: Blunder Sergio Ramos Menangkan Barcelona

Pengamat sepakbola asal Surabaya ini menilai kedua finalis Perancis dan Jerman sama-sama berbahaya meski beda karakter permainan. ?Perancis lebih andalkan skill individu pemain terutama di gelandang dan strikernya. Jerman bermain secara unit, menonjolkan kolektifitas,? kata Ronny.

?Ketika kedua negara punya kualitas yang seimbang, maka faktor mental akan jadi penentu. Mental akan ikut menentukan irama permainan. Siapa yang lebih siap mentalnya, dialah yanh berpeluang menjadi juara dunia,? ungkap pengamat sepakbola yang juga pengusaha kimia ini. (wol/ari/d1)