Ini Cara Bedakan Centang Biru Instagram, Asli atau Berbayar

siaranrakyat – Centang biru Instagram bukan sesuatu yang baru lagi bagi pengguna. Kini juga informasi terkait cara membedakan centang biru asli atau berbayar di Instagram.

Ya, jika dulu centang biru diberikan kepada orang-orang ternama, kini centang biru bisa didapatkan oleh siapa saja asalkan mau membayar lebih. Kebijakan itu diberikan sejak bulan Juni 2023 lalu.

Lebih lanjut, centang biru Instagram yang dibawa oleh Meta itu mewajibkan pengguna membayar Rp100 ribu per bulan jika berlangganan langsung dari website, atau Rp130 ribu melalui aplikasi Android dan iOS.

Di sisi lain, centang biru gratis hanya akan diberikan kepada pengguna yang memang telah mengajukan diri secara mandiri dengan persyaratan yang ketat.

Lalu bagaimana cara membedakan akun centang biru asli atau berbayar di Instagram? Berikut ulasannya:

* Buka aplikasi Instagram;

* Kemudian, buka sembarang akun di kolom pencarian (bukan akun yang ingin dicek);

Baca Juga :
Mudahkan Pelanggan, Access by KAI Miliki Fitur Lebih Lengkap

* Pada bagian profil, pilih ikon tiga titik yang berada pojok kanan atas;

* Lalu pilih “Laporkan Akun”;

* Selanjutnya, pilih menu “Profil ini berpura-pura menjadi orang lain”;

* Kemudian, pilih akun selebriti atau tokoh publik;

* Selanjutnya, ketikkan nama akun yang ingin dicek;

* Jika akun pengguna tidak ditemukan ketika dicari, maka akun tersebut mendapatkan centang biru dari pembelian atau berlangganan;

* Namun, apabila akun yang dicek ada dalam kolom pencarian, maka akun tersebut asli dan mendapatkan verifikasi langsung dari Instagram.

Dikutip dari akun Instagram @benakribo, Minggu (13/8/2023) content creator Benazio R Putra atau Benakribo juga membagikan cara membedakan centang biru Instagram asli dan bayar.

Dia menyarankan mengunjungi profil pemilik akun centang biru, lalu klik titik tiga yang ada di atas dan pilih ‘about this account’.

Menurutnya, jika akun tersebut terverifikasi pada Juni 2023 atau sebelumnya, dapat dipastikan terverifikasi secara organik dan sebaliknya. (wol/okezone/ryan/d1)

Baca Juga :
Siapkan Jagoan AI, Samsung Innovation Campus Kini Diperluas ke Mahasiswa dan Gelar Pelatihan AI