Kalahkan Belanda, Deschamps: Saya Tak Pernah Ragu Kualitas Mbappe

AMSTERDAM, siaranrakyat – Kylian Mbappe menemukan kembali ketajamannya di momen penting. Ia memborong dua gol saat Timnas Prancis meraih kemenangan tandang 2-1 saat melawan Belanda dalam laga Kualifikasi Euro 2024, Sabtu (14/10) dini hari.

Dua gol dari Mbappe itu, yang hanya dibalas Belanda lewat gol Quilindschy Hartman, sangat berarti bagi Prancis. Kemenangan atas Belanda membuat mereka lolos ke putaran final Euro 2023 yang akan berlangsung di Jerman Juni tahun depan. Mereka melaju bersama Portugal dan Belgia.

Di Johan Cruijff Arena, Prancis tampil nyaman selama lebih dari 80 menit, meski beberapa kesalahan yang dilakukan kiper Mike Maignan bisa merugikan mereka.

Mbappe, yang minggu ini sempat meninggalkan kamp pelatihan selama sehari karena alasan pribadi, mencetak gol pertamanya dengan melakukan tendangan voli pada menit ketujuh dari umpan silang sempurna Jonathan Clauss. Ia berselebrasi menunjuk ke langit dengan kedua tangannya.

Gol ini melegakan bagi Mbappe, yang tidak mencetak gol dalam empat pertandingan kompetitif terakhirnya.

Pelatih Prancis Didier Deschamps mengaku tak pernah khawatir soal performa Mbappa. “Saya bukan orang yang perlu khawatir, dan terutama mengenai Kylian. Dia menunjukkan hari ini bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata dia.

Baca Juga :
Liga Arab Saudi: CR7 Cetak Gol ke-851, Al Nassr Jaga Persaingan Gelar

?Ketika dia seperti ini jelas Prancis mempunyai lebih banyak peluang untuk menang,? katanya lagi.

Seperti diketahui, Mbappe menjalani awal musim yang tidak konsisten bersama PSG. Dua golnya dalam laga ini membawanya melampaui legenda Prancis Michel Platini dan menempati posisi keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim Prancis, di belakang Olivier Giroud (54), Thierry Henry (51) dan Antoine Griezmann (44).

Griezmann tampil dalam laga melawan Belanda. Ia memainkan pertandingan ke-81 berturut-turut yang memecahkan rekor untuk Prancis.

Belanda senditi tampak rapuh dalam laga ini karena kehilangan banyak pemain kuat. Mreka tidak diperkuat Cody Gakpo, Jurrien Timber, Sven Botman, Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Mark Flekken, Memphis Depay, Noa Lang, Teun Koopmeiners, Tyrell Malacia, dan Steven Berghuis karena cedera.

Gol Belanda dari Quilindschy Hartman menjadi gol pertama yang membobol gawang Prancis di kampanye kualifikasi Euro 2024. Performa tim seperti itu membuat gelandang Adrien Rabiot puas.

Baca Juga :
Piala Dunia U-17 2023: Mali Juara Tiga, Pelatih Argentina Tetap Bangga

“Kami senang dengan hasil ini, tapi memang benar tujuan kami adalah tidak kebobolan sehingga seperti noda pada performa kami. Kami mengincar kesempurnaan,” kata dia.

Prancis, yang belum pernah melewatkan Euro sejak 1988, selanjutnya akan menghadapi Skotlandia pada pertandingan persahabatan pekan depan. Sedangkan Belanda akan bertandang ke Yunani untuk pertandingan kualifikasi berikutnya pada Senin. (wol/tempo/ari/d1)