Kempo Sumbang Emas Pertama Kontingen Sulsel di Pomnas XVIII Kalsel

siaranrakyat, KALSEL – Jumat 17 November 2023 menjadi hari berbahagia bagi kontingen Bapomi Sulawesi Selatan. Setelah tujuh hari bertanding, akhirnya Sulsel meraih medali emas perdana dari atlet kempo putra. Atlet Sulsel Randi Alvian menjuarai kelas tanding randori 70 Kg putra. Total medali yang Sulsel dapatkan hingga hari ini sebanyak 1 emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Tidak hanya itu cabang olahraga kempo hari ini juga menyumbangkan 2 perunggu dari kelas 55 kg putra atas nama Indra dan kelas 55 kg putri atas nama Salsa Nabila.

Total ada 4 medali dari cabor kempo. Sebelumnya diperoleh 1 perak dari kelas tanding 50 Kg putra atas nama Muhammad Idris.

Ketua Bapomi Sulawesi Selatan, Prof Muhammad Ruslin hadir langsung ke arena tanding kempo, gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin. Ia juga mengalungkan medali emas kepada atlet kempo Sulsel.

?Akhirnya pecah telur di hari ke tujuh, perjuangan adik-adik atlet berbuah manis dan hari ini meraih emas,? ujar Prof Ruslin.

Selain medali emas, dari lapangan voli pasir pagi ini, nomor tanding 2×2 putra hanya mampu meraih medali perak setelah kalah dari DKI Jakarta 1.

Herwin, pelatih voli pasir Sulsel mengatakan tim bola voli pasir 2×2 putra Bapomi Sulsel bersyukur dapat medali perak setelah dikalahkan oleh DKI 1.

Baca Juga :
Danny Pomanto Bersama dengan Ribuan Pelari Makassar Ramaikan Bank Jateng Friendship Run

?Satu kekurangannya adalah penyemangat di lapangan. DKI bahkan datang Dispora bersama pejabat Provinsinya. Ini yg membuat DKI semangat, karna pejabat pemerintahnya hadir menyaksikan di lapangan,? ujar Herwin.

Ia pun berharap Pemprov dapat memberikan dukungan serupa dengan atlet yang berlaga mewakili mama Sulsel.

Per 17 November 2023, kontingen Sulsel menduduki peringkat 12-13 secara nasional berdasarkan raihan medali. Masih tersisa sepekan lagi pertandingan dari cabor basket 5×5, catur, bulutangkis tunggal, voli pasir 4×4 dan karate yang masih sangat berpotensi meraih medali.

?Mohon doa dan support dari masyarakat Sulsel, khususnya pemerintah Sulsel agar capaian adik-adik atlet kita makin membanggakan,? tambah Prof Ruslin.

Selain itu, hari ini sejumlah atlet yang selesai bertanding dari cabor pencak silat, atletik dan basket 3×3 sudah kembali ke Makassar dengan total 34 orang dengan didampingi official Bapomi Sulawesi Selatan.

?Pukul 21.00 feri akan membawa pulang adik-adik atlet kita kembali ke Makassar bersama medali yang telah mereka raih untuk Sulsel. Hasil audiensi dengan pemerintah Sulsel belum membuahkan apa-apa. Kemampuan kami dari Bapomi Sulawesi Selatan hanya mampu memenuhi kebutuhan perjalanan laut mengurus kepulangan para atlet sampai saat ini,? jelas Prof Ruslin.

Baca Juga :
Gelar Sumut Open 2024, Federasi Kempo Indonesia Majukan Anak Bangsa

Ia berharap raihan emas atlet dapat menggugah pemprov untuk memberi bantuan kepulangan para atlet dengan pesawat dan memberi bonus bagi peraih medali.