Kenali 5 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan, Apa Saja?

siaranrakyat ? Semangaka menjadi pilihan buah yang menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat kondisi cuaca panas. Buah ini cukup populer dan bisa dikonsumsi berbagai kalangan usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya itu, buah semangka juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat konsumsi buah semangka bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan lengkapnya yang sudah Waspada Online rangkum dari berbagai sumber.

1. Melancarkan Pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, yang keduanya diperlukan untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu menjaga usus Anda tetap teratur, sementara air memindahkan limbah melalui saluran pencernaan Anda dengan lebih efisien.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian menyebut bahwa likopen dalam semangka mampu membantu menurunkan kolesterol. Semangka juga menyimpan citrulline di dalamnya, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Vitamin A, C, dan magnesium dalam semangka juga disebut dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda.

Baca Juga :
Supaya Tampak Awet Muda, Ini Tips Menghilangkan Kerutan di Area Mata

3. Mengobati masalah kulit

Manfaat jus semangka yang selanjutnya untuk mengatasi masalah kulit. Jus semangka ini ternyata juga dapat memberikan manfaat pada kulit. Semangka sangat baik untuk kulit dan menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Hal ini akan menyembuhkan banyak masalah kulit seperti jerawat.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat semangka yang sayang dilewatkan lainnya yakni membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan L-citrulline dalam semangka, terutama di bagian putih dekat kulitnya, terbukti bisa meningkatkan fungsi arteri dan membantu pembuluh darah rileks. Hal itu berguna untuk menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga kesehatan mata

Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan likopen. Ketiga nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata serta mencegah risiko menurunnya kemampuan penglihatan karena faktor usia, seperti katarak dan degenerasi makula. (wol/berbagaisumber/syf/d2)

Baca Juga :
Prof Ridha Ajak Kaum Ibu Kurangi Angka Kematian Akibat Kanker Payudara di Indonesia