Lima Tahun Berinovasi, Start Up Jiwa Group Bawa Konsep Keseruan Baru

JAKARTA, siaranrakyat – Lima tahun hadir mengisi ruang gaya hidup masyarakat, Janji Jiwa terus meluncurkan inovasi terkini dan menebar kebahagiaan serta keseruan melalui secangkir kopi yang dibuat dengan penuh ‘rasa’. Di usia yang baru, Janji Jiwa memperkenalkan logo dan konsep outlet yang baru, serta menghadirkan “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa (KSJ)” untuk semakin memudahkan para pelanggan merasakan nikmatnya kopi Janji Jiwa.

CEO dan Founder Jiwa Group Billy Kurniawan mengungkapkan, “Konsep fresh-to-cup dalam menyajikan pilihan kopi lokal Indonesia telah kami bawa lewat gerai kopi ‘Grab & Go’ Janji Jiwa sejak lima tahun lalu. Dalam perjalanan Janji Jiwa di tahun ke-5 ini, Janji Jiwa menyadari bahwa dalam keseharian masyarakat Indonesia, mereka membutuhkan excitement atau keseruan baru di setiap harinya. Sesuai dengan DNA Janji Jiwa sebagai the most creative F&B company ingin memastikan hal ini dapat terus kami berikan kepada seluruh customer.”

“Oleh karena itu, Janji Jiwa hadir dengan satu janji baru “Keseruan Baru Tiap Hari” yang ditunjukkan melalui perayaan perjalanan Janji Jiwa yang kelima lewat logo yang semakin dinamis, serta konsep outlet yang lebih kekinian. Tak hanya itu, kami juga menghadirkan “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa” sebagai inovasi terbaru dari Janji Jiwa untuk melayani segmen pasar yang lebih luas dengan menghadirkan sajian minuman kopi yang berkualitas.” tambah Billy.

Keseruan baru, Janji Jiwa hadirkan semangat baru!
Janji Jiwa kini sudah memiliki lebih dari 900 outlet yang tersebar di lebih dari 100 kota dan kabupaten di Indonesia. Keseluruhan outlet ini didominasi oleh Kopi Janji Jiwa dengan lebih dari 900 outlet, dengan lebih dari 400 outlet menawarkan Jiwa Toast.

Dalam perayaan ulang tahun kelima, Janji Jiwa menghadirkan logo baru yang diberi julukan Pinky dengan visualisasi jari kelingking atau yang biasa disebut pinky finger. “Visual jari kelingking ini dipilih karena ‘hubungan janji’ yang biasanya disimbolkan dengan gestur jari kelingking, dan diimbangi dengan tampilan palet warna baru yang memberikan kesan gembira seperti warna merah muda (pink) dan ungu yang terinspirasi dari warna asli buah ceri kopi. Perpaduan warna yang kontras merupakan manifestasi semangat dan keseruan dalam menghadapi berbagai tantangan dan rasa bosan yang kerap muncul. Kami berharap hubungan antara Janji Jiwa dan logo Pinky ini akan selalu diingat masyarakat dan dapat mewakili komitmen Janji Jiwa untuk terus membawa keseruan serta inovasi baru mengikuti tren yang ada,” ujar Billy.

Bersamaan dengan rebranding ini, Janji Jiwa juga turut memperkenalkan salah satu inovasi cup baru Janji Jiwa yang berbahan r-PET (recycled polyethylene terephthalate). Dengan menggunakan cup berbahan r-PET Janji Jiwa dapat mengurangi angka penggunaan plastik murni setidaknya 200 ton per tahun. Hal ini merupakan komitmen Janji Jiwa untuk mengurangi limbah plastik melalui kerjasama dengan partner – partner strategis dalam pengelolaan limbah.

Baca Juga :
Daftar Toko Roti di Kota Medan, Cocok untuk Cari Oleh-Oleh

Berbagai tantangan dan rasa bosan rupanya juga dialami oleh salah satu penyanyi Indonesia, Gamaliél. “Sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu, tidak jarang saya berhadapan dengan momen-momen intens seperti menghadapi jadwal yang padat, mulai dari jadwal workshop menulis lagu, proses rekaman di studio, shooting, hingga jadwal panggung dan promosi di berbagai media. Di sela-sela rutinitas yang padat dan monoton inilah penting bagi saya untuk punya cara sendiri agar bisa terus menemukan inspirasi, Janji Jiwa selalu membuat inovasi dan menawarkan varian kopi dan cemilan yang bisa mengisi kekosongan dan buat keseharian saya jadi lebih menyenangkan,”

Gamaliél pun turut menceritakan pengalaman kesehariannya yang selalu ditemani oleh Janji Jiwa, “Bagi saya, Janji Jiwa sudah menjadi teman yang selalu berhasil membawa keseruan di dalam rutinitas sehari-hari saya. Tidak hanya menepati janjinya dalam menyediakan kopi lokal Indonesia, tapi Janji Jiwa juga menyediakan menu makanan yang bervariasi yang bisa saya nikmati kapan pun dan dimana pun. Dengan konsistensi inovasi yang selalu dihadirkan Janji Jiwa untuk para penikmat kopi dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan muda baik pelajar hingga pekerja dari berbagai industri, saya percaya Janji Jiwa dapat membantu saya dan teman-teman di industri kreatif untuk bisa menciptakan ekosistem berkarya yang positif dan kreatif.”

Serba Baru di Janji Jiwa
Selain memperkenalkan logo baru dalam perayaan ulang tahun kelima ini, Janji Jiwa juga menghadirkan outlet berkonsep baru yang mengedepankan offline experience dengan design outlet yang lebih exciting sesuai dengan konsep baru Janji Jiwa untuk memberikan pengalaman baru bagi setiap pelanggan.

Konsep baru Janji Jiwa akan difokuskan pada pembaharuan consumer journey mulai dari cara pemesanan produk (melalui self service kiosk), pengambilan produk (melalui restaurant paging system) dan melengkapi pengalaman menikmati produk (dengan inovasi pada packaging dan menu pilihan).

Menghadirkan berbagai menu yang jauh lebih beragam seperti menghadirkan JOE Series (“Jiwa Origin Espresso”) yang menggunakan biji kopi pilihan dan hanya tersedia di outlet konsep baru, hingga varian non-kopi lainnya. Dalam konsep terbaru ini, Janji Jiwa juga menghadirkan lebih banyak pilihan menu makanan kategori quick serve meal mulai dari Toast, Bakmie, Nasi, cemilan (seperti singkong goreng, pisang goreng), sampai hidangan penutup (seperti Ice Cream). Berbagai pilihan menu ini dihadirkan untuk menemani customer di setiap moment dalam keseharian.

Saat ini konsep gerai baru Janji Jiwa hadir di 5 (lima) lokasi yakni Janji Jiwa, Equity Tower, Janji Jiwa, RSUP Fatmawati, Janji Jiwa, Summarecon Mall Serpong, Janji Jiwa, KAI Palmerah, dan Janji Jiwa, KAI Sudirman. “Janji Jiwa tak hanya sebagai brand kopi saja, tetapi juga sebagai ‘teman setia’ yang selalu hadir dan membawa semangat positif serta penghargaan untuk setiap momen dalam kehidupan para penikmatnya,” tambah Billy.

Baca Juga :
OATSIDE Hadirkan Kejutan Mini: Chocolate Malt, Menghidupkan Kembali Semangat Remaja Indonesia dengan Varian Baru!

Ulang tahun yang kelima ini juga menandai peluncuran “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa” untuk menyentuh para pecinta kopi yang lebih luas. Sebanyak 50 sepeda berdaya listrik yang ramah lingkungan akan berkeliling menjangkau para pelanggan dan menawarkan produk-produk unggulan, baik kopi maupun non-kopi, dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp8.000 hingga Rp10.000.

“Sejuta Jiwa berasal dari kata ‘Sejuta Umat’ yang artinya milik semua orang. Nama ini mencerminkan tujuan dari Janji Jiwa untuk dapat memberikan akses kepada para customer Janji Jiwa menjadi lebih mudah menikmati Kopi Janji Jiwa kapanpun dan dimanapun serta melayani segmen pasar yang lebih luas dengan menghadirkan sajian minuman kopi yang berkualitas.” ujar Billy.

Dengan tujuan utama untuk mendukung masyarakat menjadi pelaku UMKM, Janji Jiwa menerapkan pendekatan melalui bentuk kemitraan yang akan bekerja sama dengan local partners dalam mendukung kegiatan operasional bagi mitra Kopi Sejuta Jiwa. Janji Jiwa memiliki misi untuk dapat mencapai total satu juta Mitra mobile yang dapat melakukan wirausaha mandiri lewat program kemitraan Kopi Sejuta Jiwa dan mendorong setiap pelaku UMKM untuk dapat menjadi pengusaha kopi yang andal melalui pembinaan yang akan dilakukan secara berkala oleh Jiwa Group kepada setiap mitra.

Saat ini, KSJ akan mencakup wilayah penjualan mulai dari Jakarta Barat, Kemanggisan, Duri Kosambi, Greenville, dan Brigjen Katamso. Kemudian Jakarta Pusat, mulai dari Sudirman, Tanah Abang, Kebon Kacang, hingga Cideng. Serta di area Jakarta Selatan seperti daerah Bendungan Hilir dan Cilandak.

“Berbagai inovasi yang kami hadirkan ini adalah cara kami untuk lebih mendekatkan diri pada pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih bervariasi. Kami ingin menjadikan Janji Jiwa lebih dari sekedar sebuah brand kopi yang selalu hadir untuk membawa semangat positif dalam setiap momen pelanggan kami.” tutup Billy. (wol/rls/ega/d1)