Membanggakan! Unhas Raih 6 emas, 3 perak, 4 perunggu di Pimnas 36 Di Unpad Bandung

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin meraih prestasi membanggakan dengan menduduki peringkat 7 nasional dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 36 Tahun 2023. Dibanding tahun sebelumnya, perolehan emas tahun ini lebih banyak. Pimnas kali ini diselenggarakan Kemendikbudristek bekerja sama dengan Universitas Padjajaran Bandung selama 5 hari berturut-turut.

Prestasi nasional di bidang kemahasiswaan yang digelar tahunan ini diumumkan Kamis (30/11) tengah malam di lapangan Parkir PBBS, Universitas Padjajaran. Dari pengumuman tersebut, Unhas memperoleh 6 emas, 3 perak, 4 perunggu, dan 2 juara favorit dari kategori poster dan presentase pada berbagai skim yang dilombakan.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan even resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Ini merupakan rangkaian dari tahapan evaluasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2).

Pada tahun 2023 ini, Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah. Kegiatan dilaksanakan mulai Minggu-Jumat (26 November – 1 Desember 2023) di Kampus Jatinangor dan Dipati Ukur.
Unhas telah memiliki track record yang baik di PIMNAS. Beberapa tahun terakhir, Unhas selalu berhasil menduduki tempat di 10 besar nasional. Tahun ini, Unhas berhasil menempatkan diri menjadi Universitas terbaik di luar pulau Jawa, bahkan menempati peringkat lebih baik dari sejumlah universitas besar di pulau jawa.

Baca Juga :
Rektor Unhas Kukuhkan Empat Guru Besar Baru dari Berbagai Keilmuan

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K) menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Tim Unhas yang memperoleh medali.

?Alhamdulillah, Unhas tahun ini berhasil mempertahankan posisinya di sepuluh besar di peringkat ke-7 seperti pada tahun 2021. Tentu ini sebuah capaian yang tidak mudah dan ini merupakan hasil dari kerja kolektif seluruh elemen di Unhas yang saling mendukung satu sama lain,? kata Prof Ruslin.

Lebih lanjut, Prof Ruslin mengharapkan pada pelaksanaan Pimnas kedepan, agar delegasi Unhas akan semakin bersinar dengan melahirkan karya karya unggul. Tahun ini, Unhas berhasil meloloskan 29 tim ke Pimnas. Dengan jumlah tersebut, Unhas menempati peringkat 4 nasional kampus dengan jumlah tim lolos Pimnas terbanyak.

Sementara Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Abdullah Sanusi Ph.D menayampaikan apresiasi kepada seluruh tim yang telah bertanding dengan maksimal. ?Ini adalah hasil terbaik yang telah ditorehkan Unhas tahun ini. Ke depan tentu akan kita melakukan pembenahan untuk memperoleh pencapaian-pencapaian lebih baik lagi,? kata dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini.

Baca Juga :
Unibos Bersama IAI Nasional dan PTS di Sulawesi Selatan MoU untuk Pembukaan Program Pendidikan Profesi Arsitek

Adapun medali yang diperoleh delegasi Unhas adalah sebagai berikut :

Kategori Poster
Emas skim PKM-PM
Emas skim PKM-K
Emas skim PKM-RSH4
Emas skim PKM-RE1
Emas skim PKM-RE3
Emas skim PKM-RE5
Perak skim PKM-RSH2
Perak skim PKM-RE2
Perunggu skim PKM-RSH3

Kategori Presentasi
Perak skim PKM-RE4
Perunggu skim PKM-RSH4
Perunggu skim PKM-RE1
Perunggu skim PKM RE-2
Favorit skim PKM-PM4
Favorit skim PKM-K1.