Resmi Latih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann Langsung Cetak Rekor

FRANKFURT, siaranrakyat – Teka-teki pelatih anyar Timnas Jerman terjawab ketika Federasi Sepakbola Jerman (DFB) resmi menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih pengganti Hansi Flick, Jumat (22/9).

“Julian Nagelsmann adalah pelatih baru Timnas Jerman dan akan bertanggung jawab untuk Euro musim panas mendatang,” bunyi keterangan resmi DFB.

Pemilihan Nagelsmann disetujui oleh sebuah rapat umum dewan pengawas dengan suara bulat setelah menerima proposal dari Presiden DFB Bernd Neuendorf, dan Direktur Olahraga Rudi Voller. Semuanya sepakat menjadikan Nagelsmann sebagai pelatih ke-12 dalam sejarah Der Panzer.

Namun, Nagelsmann yang berusia 36 tahun itu hanya dikontrak sampai 31 Juli 2024. Mantan pelatih Bayern Munich ini pun merasa tertantang dan siap membantu Timnas Jerman meraih prestasi pada Euro 2024.

“Kami menjadi tuan rumah Euro. Ini adalah sesuatu yang istimewa dan hanya terjadi setiap seratus tahun sekali,” jelas Nagelsmann.

Baca Juga :
Liga Premier: Jelang Deadline, Manchester United Datangkan Tiga Pemain

“Memiliki turnamen yang kuat di rumah sendiri adalah prioritas. Saya sangat menantikan tantangan ini. Pertandingan di Dortmund hanyalah permulaan. Kami akan menjadi sebuah unit yang kompak selama satu tahun ke depan,” tegas Nagelsmann.

Penunjukan Nagelsmann mencetak sejarah baru di Timnas Jerman. Tercatat, Nagelsmann merupakan pelatih Timnas Jerman termuda kedua setelah Otto Nerz yang ditunjuk sebagai pelatih pada usia 34 tahun di 1926.

Nagelsmann juga pernah menoreh tiga rekor pada kariernya kala didapuk sebagai pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga bersama Hoffenheim. Selain itu, Nagelsmann menjadi pelatih termuda dalam sejarah Liga Champions di usia 31 tahun 58 hari.

Pada 2017, Nagelsmann juga mendapatkan penghargaan sebagai Pelatih Jerman Terbaik saat masih melatih 1899 Hoffenheim. (wol/aa/dailymail/d2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Baca Juga :
Badai Cedera Barcelona Sisakan 11 Pemain