Telkomsel Roadshow dan Seminar Internet BAIK di Kota Medan

MEDAN, siaranrakyat – Dalam upaya menanggulangi penyebaran konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional serta mewujudkan Indonesia yang semakin cakap digital dan bertanggung jawab, Telkomsel kembali menggelar program Internet Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif (Internet BAIK). Secara special program Internet BAIK ini juga hadir di Kota Medan dan menggandeng SMAN 1 Medan sebagai school host tempat penyelenggara Seminar & Onsite Training dan beberapa school satellite (side event) seperti SMAN 2 Medan, SMKN 10 Medan dan SLB-E PTP SU Medan.

Berbagai content creator dan inspiring speaker juga di hadirkan dalam kegiatan ini untuk memberikan materi seputar literasi digital & creative content seperti Aditya Taukotembung, Ikram Rizal dan juga Program Manager ICT Watch Defira Novianti C.

Dihadirkan selaras dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dari Kominfo yang bertujuan mendidik masyarakat Indonesia di bidang literasi digital, pelaksanaan program Internet BAIK Series 8 kali ini mengusung tema “Empower Creative Generation”, mengedepankan fokus Telkomsel terhadap peningkatan literasi digital generasi muda dengan mendukung pembentukan karakter kreatif dan inspiratif dalam pemanfaatan internet dan media sosial.

Sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel dalam upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), Internet BAIK Series 8 turut melibatkan edukasi digital bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel A Pangerapan, mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyambut baik hadirnya program Internet BAIK dari Telkomsel yang selama ini telah konsisten menghadirkan edukasi digital bagi seluruh kalangan. Upaya ini juga sudah sejalan dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang berupaya menanggulangi ancaman potensi lunturnya nilai-nilai toleransi, inklusivitas, dan degradasi moral yang sedang dihadapi oleh Indonesia melalui penyebaran konten negatif di internet seperti hoax, cyberbullying, cybercrime, judi online, dan online radicalism.

“Kami berharap Internet BAIK dapat mendukung peningkatan literasi digital ke berbagai sektor, terutama pendidikan secara inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Semoga Telkomsel dan program CSR unggulannya ini dapat mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi menyebarkan konten positif melalui internet dan menjaga toleransi dan demokrasi di ranah digital khususnya pada tahun politik 2024,” ungkapnya melalui rilis yang diterima Waspada Online, Kamis (18/1).

(HO/Telkomsel)
(HO/Telkomsel)

Mengedepankan semangat menggerakkan kemajuan, Internet BAIK Series 8 mengoptimalkan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui e-repository bahan ajar digital, memfasilitasi kolaborasi antar siswa maupun guru dari berbagai sekolah untuk berbagi ide, menerapkan strategi pengajaran terdepan, serta memaksimalkan sumber daya pendukung pembelajaran.

Baca Juga :
Mudahkan Pelanggan, Access by KAI Miliki Fitur Lebih Lengkap

Dalam upaya meningkatkan kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, Internet BAIK Series 8 juga akan memberikan pelatihan dan dukungan tambahan kepada para guru/tenaga pendidik untuk meningkatkan kualifikasi mereka dalam menggunakan metode pengajaran yang efektif.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H Bramono, mengatakan berdasarkan laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara umum kian membaik dalam tiga tahun terakhir, dengan nilai total indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di level 3,65 dari skala 1-5 poin.

Selaras dengan semangat Indonesia untuk berbagi harapan akan kemajuan negeri, yang menginspirasi semangat Telkomsel untuk terus berupaya menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengimplementasikan prinsip ESG, program Internet BAIK Telkomsel hadirkan kembali dengan mengambil peran mendukung literasi digital generasi muda yang kreatif dan inspiratif melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam penggunaan teknologi.

“Telkomsel berharap program Internet BAIK dapat terus secara inklusif dan berkelanjutan menanggulangi penyebaran konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional, serta mewujudkan Indonesia yang semakin cakap digital dan bertanggung jawab,” ujar Saki.

Diselenggarakan di Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri, secara onsite bagi para guru/tenaga pendidik, orang tua, komunitas, pelajar, dan serta siswa/siswi penyandang disabilitas dari SLB setingkat SMA, rangkaian program Internet BAIK Series 8 tahun ini akan dimulai dengan seminar bersama profesional dan praktisi yang akan berbagi insight dan pengalaman berharga tentang tren terkini dan tantangan di dunia kreatif digital.

Kemudian, Internet BAIK akan dilanjutkan dengan Workshop dan Bootcamp kecakapan kreatif digital secara luring dan daring untuk meningkatkan dan mendukung pengembangan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas. Pada penghujung program di tiap lokasi, Internet BAIK Series 8 akan melangsungkan Showcase dari karya prototype platform yang dibuat oleh para peserta.

Sejalan dengan agenda besar Pemilu 2024 dan berbagai tantangannya, terutama di sektor digital, program Internet BAIK juga dihadirkan untuk menciptakan ruang digital yang sejuk, aman, dan inklusif bagi seluruh masyarakat dalam berdemokrasi. Melalui program edukasi literasi digital, khususnya bagi para siswa-siswi yang tahun ini akan mengikuti pemilu pertama mereka, Telkomsel berharap dapat mendukung keberlangsungan Pemilu 2024 yang sehat dan damai dengan mendorong masyarakat memilih dengan bijak serta menjaga perdamaian di ruang digital.

Baca Juga :
Shell Indonesia Hadirkan Teknologi Pelumas Untuk Produktivitas Industri Tenaga Listrik di Indonesia
Roadshow Internet BAIK di Kota Medan, Kamis (18/1).(HO/Telkomsel)
Roadshow Internet BAIK di Kota Medan, Kamis (18/1).(HO/Telkomsel)

InternetBAIK adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel yang berfokus membuka lebih banyak peluang dalam meningkatkan kualitas kewarganegaraan digital (digital citizenship) dengan konsisten mengambil peran mendukung peningkatan literasi digital di kalangan generasi muda yang kreatif dan inspiratif untuk menciptakan konten positif dan efektif secara sehat dan positif.

Sejak tahun 2016, Internet BAIK telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi secara bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif (BAIK) bagi lebih dari 15,5 ribu pelajar di lebih dari 780 sekolah, dan lebih dari 7 ribu guru, orang tua, dan komunitas di lebih dari 240 kota/kabupaten di seluruh penjuru Indonesia, hingga menciptakan lebih dari 1.600 Internet BAIK Agents of Change bersama lebih dari 270 kreator konten. Guna mendukung pelaksanaan Internet BAIK, Telkomsel pun memberikan kesempatan bagi para karyawannya untuk ikut serta berpartisipasi melalui program employee volunteering.

Informasi lebih lanjut mengenai program Internet BAIK Series 8 dan registrasinya dapat diakses melalui laman internetbaik.id.(wol/rls/mrz/d1)

Editor: Rizki Palepi