Wisata  

Tempat Unik dan Menarik yang Dapat Ditemukan di Surabaya

siaranrakyat – Apakah Anda sedang merencanakan perjalanan ke Surabaya? Jika iya, pastikan Anda telah mengetahui beberapa tempat unik dan menarik yang ada di Surabaya. Berikut kami telah merangkum beberapa hal tempat unik dan yang dapat Anda temukan di Surabaya.

Jika Anda sedang mencari tiket pesawat Jakarta-Surabaya, kami sarankan Anda menggunakan aplikasi Traveloka. Di sana Anda akan menemukan berbagai tiket pesawat hingga hotel dengan penawaran terbaik yang dapat Anda peroleh.

Rekomendasi Tempat Wisata Unik di Surabaya

Apa saja destinasi wisata wajib Anda kunjungi selama di Surabaya? Berikut ini beberapa pilihannya.

1. Kawasan Tugu Pahlawan

Kawasan Tugu Pahlawan di Surabaya adalah tempat ikonik dan bersejarah. Tugu Pahlawan adalah monumen untuk menghormati pahlawan Indonesia yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Terletak di alun-alun Simpang Lima, tugu ini sebagai simbol keberanian warga Surabaya.

Di bawah tugu ini, terdapat Museum Tugu Pahlawan yang menggambarkan peristiwa bersejarah selama pertempuran Surabaya pada masa penjajahan Belanda. Museum ini menyajikan koleksi artefak, foto-foto bersejarah, dan benda-benda inspiratif yang memberikan wawasan tentang sejarah heroik kota ini. Selain museum, kawasan ini juga menjadi tempat populer untuk berkumpul, berjalan-jalan, dan menikmati suasana kota.

2. Pasar Atom

Pasar Atom di Surabaya adalah surga bagi para pecinta belanja yang mencari pengalaman berbelanja yang unik dan terjangkau. Pasar ini terkenal karena beragam barang yang ditawarkan, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, hingga barang elektronik, semuanya tersedia dengan harga yang bersahabat.

Selain itu, Pasar Atom juga memiliki banyak pedagang makanan dan kios yang menjual kuliner khas Surabaya. Cobalah hidangan lezat seperti sate kambing, tahu campur, atau rujak cingur yang akan memanjakan lidah Anda.

Karena suasana yang ramai dan beragamnya barang yang ditawarkan, Pasar Atom juga merupakan tempat yang menarik untuk merasakan atmosfer lokal yang hidup. Selama berbelanja di sini, pastikan untuk merundingkan harga dengan pedagang untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Baca Juga :
Danau Toba Lebih Siap Sarana dan Prasarana untuk Jadi Tuan Rumah WRC 2025

3. House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah salah satu destinasi terkenal di Surabaya yang memadukan sejarah, seni, dan budaya dalam satu tempat. Tempat ini berawal sebagai pabrik rokok tua yang dibangun pada tahun 1932 dan sekarang telah diubah menjadi sebuah museum yang menarik.

Kunjungan ke House of Sampoerna akan membawa Anda pada perjalanan melalui sejarah perusahaan rokok Sampoerna, salah satu produsen rokok terkenal di Indonesia. Anda dapat melihat proses pembuatan rokok secara tradisional, serta mengenal lebih dalam mengenai perkembangan perusahaan ini dari awal hingga sekarang.

Selain bagian museum, House of Sampoerna memiliki fasilitas lain yang menarik seperti galeri seni yang menampilkan karya seniman lokal dan ruang kopi yang nyaman. Di sini, Anda dapat menikmati kopi yang segar sambil menikmati suasana yang tenang.

Bagian dari daya tarik tempat ini adalah arsitektur bangunan yang indah dengan nuansa kolonial yang klasik. Dengan koleksi bersejarah, seni, dan suasana yang unik, House of Sampoerna adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu dan mengeksplorasi warisan budaya dan bisnis yang kaya di Surabaya.

4. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung adalah salah satu tempat religius paling bersejarah di Surabaya yang memancarkan pesona budaya dan spiritual yang mendalam. Terletak di pusat kota, klenteng ini adalah tempat ibadah yang penting bagi komunitas Tionghoa di Surabaya sejak berabad-abad yang lalu.

Ketika Anda memasuki kompleks klenteng, Anda akan disambut oleh arsitektur tradisional Tionghoa yang megah dengan atap merah yang indah dan ukiran kayu yang rumit. Bagian dalam klenteng dipenuhi dengan altar dan patung dewa-dewi Tionghoa yang didekorasi secara klasik, menciptakan suasana yang tenang dan sakral.

Selain sebagai tempat ibadah, Klenteng Sanggar Agung juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya Tionghoa di Surabaya. Di beberapa hari tertentu, Anda dapat menyaksikan upacara keagamaan yang meriah, seperti perayaan Imlek. Klenteng ini juga sering menjadi tuan rumah pameran seni dan budaya Tionghoa, yang memperkaya pengalaman kunjungan Anda.

Baca Juga :
Bupati Tapanuli Utara Dukung Pembentukan Pulau Sibandang Sebagai Kawasan Perdesaan Berbasis Wisata

5. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar, yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya, adalah salah satu landmark utama kota ini dan merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini mencerminkan arsitektur yang megah dan keindahan yang luar biasa. Dibangun dengan ornamen-ornamen yang indah, masjid ini memiliki menara tinggi yang menghiasi langit-langit Surabaya.

Salah satu fitur menarik dari Masjid Al-Akbar adalah menara ini dapat diakses oleh pengunjung yang ingin menikmati pemandangan panoramik kota Surabaya dari ketinggian. Masjid Al-Akbar juga memainkan peran penting dalam kehidupan keagamaan dan sosial masyarakat Surabaya. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini sering menjadi tempat bagi berbagai acara keagamaan dan sosial, seperti seminar, konferensi, dan upacara pernikahan.

Surabaya adalah kota yang penuh dengan keunikan dan kejutan. Dari sejarah perjuangan yang menginspirasi hingga kuliner yang lezat dan arsitektur megah, kota ini memiliki segalanya untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda.

Jangan lupa, jika Anda mencari tiket pesawat Jakarta-Surabaya, Anda sebaiknya menggunakan Traveloka untuk menemukan berbagai promo menarik dalam memenuhi akomodasi hingga penginapan di perjalanan Anda. (*)