Wisata  

Tip Top, Restoran Legendaris di Medan yang Berdiri Sebelum Kemerdekaan

MEDAN, siaranrakyat – Restoran Tip Top yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.92 A-B, Kota Medan dapat menjadi pilihan destinasi wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan.

Tip Top bermula ketika pendirinya yang bernama Jang Kie membuat satu toko yang hanya menjual roti saja di Jalan Pandu pada tahun 1927. Toko roti tersebut diberi nama Jang Kie sesuai dengan nama pendirinya.

Pada tahun 1934 Toko Roti dipindahkan ke Jalan Kesawan yang sekarang bernama Jalan Ahmad Yani. Di Kesawan nama toko roti berganti dengan nama Tip Top. Pada saat itu toko roti sudah dilengkapi dengan adanya restoran yang memiliki menu Western, Chinese Food, Indonesia Food dan juga ada Carmen Ice Cream.

“Pada tahun 1942, pada zaman Jepang nama Tip Top dilarang dan diganti menjadi nama Jang Kie. Namun pada masa kemerdekaan tahun 1945 nama Tip Top digunakan kembali sampai saat ini,” kata Didrikus Kelana, Pemilik Restoran Tip Top saat berbincang bersama Waspada Online, Kamis (14/9) lalu.

Lebih lanjut, pemilik restoran Tip Top itu menyebutkan bahwa Tip Top itu memiliki prinsip masih mempertahankan ciri khas dari zaman dahulu baik dari suasana dan juga makanan.

Baca Juga :
9 Minuman Khas Nusantara Diyakini Banyak Khasiat
Tip Top, Restoran Legendaris di Medan yang Berdiri Sebelum Kemerdekaan
Pembuatan bakery restoran Tip Top masih menggunakan tungku kayu bakar dari zaman Belanda. (WOL Photo)

“Seperti untuk pembuatan bakery restoran Tip Top masih menggunakan tungku kayu bakar dari zaman Belanda dan untuk Ice cream masih menggunakan bahan Slagroom yang diolah sendiri dari bahan susu sapi murni,” sebutnya

Menu menu dari zaman masih ada sampai saat ini baik itu bakery seperti Saucijs Brood, lalu untuk makanan ada western seperti stik lidah sapi. Dari Chinese Food ada Capcay, Ikan asam manis, Sup jagung kepiting. Ada juga Indonesian Food seperti Rendang dan Gado-gado.

Tip Top ini dari zaman belanda tidak banyak berubah jadi konsep kolonial itu tetap dipertahankan sampai sekarang. “Jadi tamu-tamu kita yang datang dari dulu sampai sekarang baik yang dari zaman kemerdekaan sampai sekarang yang di posisi anak cucu masih merasakannya sampai sekarang,” tambahnya

Restoran Tip Top buka setiap hari mulai Pukul 08.00 sampai dengan 22.00 WIB. Untuk restoran last order jam 21.30. Sementara kue dari jam 08.00 hingga Pukul 22.00 WIB. Tiptop Libur di tahun baru tanggal 1 dan 2 Januari dan Lebaran ada libur dua hari.

Tip Top, Restoran Legendaris di Medan yang Berdiri Sebelum Kemerdekaan
Restoran Tip Top buka setiap hari mulai Pukul 08.00 sampai dengan 22.00 WIB. (WOL Photo)

Demikian ia berharap pihaknya masih bisa mempertahan ciri khas Tip Top dari zaman Belanda baik dari menu-menunya dan juga cara pembuatannya. Mudah mudahan ini juga ini bisa memperkaya wisata kuliner yang ada di Kota Medan.

Baca Juga :
233 Ribu Wisatawan Kunjungi Toba Caldera Resort Hingga September 2023

Seorang pelanggan, Hosni, mengatakan susana di Tip Top ini nyaman. Ada ruangan khusus untuk yang merokok dan tidak merokok. Untuk menunya pun sehat seperti makan rumahan.”Menu yang saya suka setiap datang kesini Sup Asparagus dan Ikan Kukus,” jelas warga Kecamatan Medan Amplas itu.

Ia juga berharap Restoran Tip Top ini tetap bertahan dan semakin maju ke depannya. (wol/syf/d1)

Editor: Ari Tanjung