Unhas Hasilkan 1.303 Lulusan Baru Pada Periode Wisuda November 2023, Kedokteran Terbanyak

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Wisuda Program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk Periode November tahun akademik 2023/2024 dengan menghasilkan 1.303 lulusan baru. Penyelenggaraan wisuda berlangsung mulai pukul 08.00 Wita di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (09/11).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), para Wakil Rektor, dekan di lingkup Unhas, Majelis Wali Amanat, dan Ketua Senat Akademik bersama orangtua para wisudawan

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga serta penghargaan kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Unhas. Dalam sambutannya, Prof. JJ memberikan gambaran tentang prestasi Unhas dalam berbagai bidang.

Prof JJ mengatakan Di usia ke-67, Universitas Hasanuddin mengusung tema “Succeding Unhas Towards Global Excellence. Unhas Di akhir tahun, tentunya mencapai banyak hal yang menjadi refleksi akan rencana tindak yang lebih baik. Dirinya memberikan berbagai capaian Unhas selama satu tahun terakhir misalnya saja Unhas yang meraih peringkat kedua dalam Indonesia’s SDGs Action Award 2023 tingkat Perguruan Tinggi, yang diadakan oleh Kementerian PPN/BAPPENAS. Ini menegaskan komitmen Unhas dalam mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

?Unhas juga menjadi tuan rumah Rapat Kerja KPTN-KTI 2023-2025 dengan peserta dari berbagai universitas di wilayah timur Indonesia, memperkuat kerjasama perguruan tinggi dan kontribusi pendidikan nasional. Banyak hal yang terus kita upayakan bersama untuk menunjukkan komitmen dan kontribusi Unhas,? jelas Prof JJ.

Lebih lanjut, Unhas saat ini giat menyelesaikan mahasiswa yang belum menyelesaikan studi tepat waktu. Pada Agustus 2022, ada 13.197 mahasiswa yang belum selesai, tetapi dengan monitoring dan evaluasi bulanan di tingkat fakultas, jumlahnya turun menjadi 4,467 mahasiswa (66.08%) pada Agustus 2023. Upaya meningkatkan persentase mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu melibatkan monitoring bulanan di berbagai tingkat, peran PA/KPS/Pembimbing yang diperkuat, pembimbingan terstruktur, penyelarasan kurikulum K-23, dan pemangkasan masa studi sarjana menjadi 10 semester.

Baca Juga :
Siapkan Calon Alumni Profesional, Poltekbos Lakukan Outdoor Education

Di akhir pidato, Prof. JJ berharap agar seluruh wisudawan terus berkarya maju dan positif menyebar semangat pionir di masyarakat, serta senantiasa memiliki jiwa kepemimpinan, solidaritas leadership, solidaritas, dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat. Ini yang harus menjadi legacy kalian bagi Yunior kalian dengan memberi teladan yang baik, yang dapat membawa nama baik almamater dimana pun kalian berada.

?Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para orang tua, yang telah mempercayakan putra-putrinya kepada kami, dan menempuh pendidikan di Unhas. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan Unhas atas dedikasi dan komitmen dalam mendidik dan melayani mahasiswa hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya,? tambah Prof JJ.

Wisuda periode November 2023 pada hari ini dilaksanakan secara luring penuh dengan total wisudawan sebanyak 1303 orang wisudawan yang terdiri dari 455 laki-laki (34,92%) dan 848 perempuan (65,08%), dengan rincian jumlah wisudawan per jenjang pendidikan yaitu:
1. Program Sarjana : 745 orang
2. Program Spesialis : 35 orang
3. Program Profesi : 300 orang
4. Program Magister : 180 orang
5. Program Doktor : 43 orang
Adapun untuk rata-rata IPK dan rata-rata lama studi wisudawan adalah sebagai berikut :
1. Program Sarjana : IPK 3.64 dengan masa studi 4 tahun 7 bulan
2. Program Profesi : IPK 3.87 dengan masa studi 2 tahun 3 bulan
3. Program Spesialis : IPK 3.90 dengan masa studi 4 tahun 7 bulan
4. Program Magister : IPK 3.90 dengan masa studi 2 tahun 4 bulan
5. Program Doktor : IPK 3.93 dengan masa studi 4 tahun 2 bulan
Adapun jumlah wisudawan per fakultas diantaranya:
1. Fakultas Kedokteran : 314 Orang
2. Fakultas Teknik : 219 Orang
3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis : 155 Orang
4. Fakultas Hukum : 102 Orang
5. Fakultas ISIPOL : 66 orang
6. Fakultas MIPA : 42 orang
7. Fakultas Kesehatan Masyarakat : 48 orang
8. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan : 40 orang
9. Fakultas Keperawatan : 31 orang
10. Fakultas Farmasi : 61 orang
11. Fakultas Ilmu Budaya : 83 orang
12. Fakultas Sekolah Pascasarjana : 24 orang
13. Fakultas Kehutanan : 27 orang
14. Fakultas Peternakan : 20 orang
Acara wisuda berlangsung lancar dan khidmat hingga pukul 11.30 Wita. (*)

Baca Juga :
SD Islam Athirah Racing Centre Gelar Doa Bersama dalam Rangka PTS