6 Minuman Hangat yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan, Sudah Coba?

siaranrakyat ? Memasuki musim penghujan mengkonsumsi minuman hangat menjadi salah satu pilihan untuk menemani Anda disaat cuaca dingin. Tak hanya itu, minuman hangat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh Anda saat udara dingin selama musim hujan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini berbagai pilihan minuman hangat yang bisa Anda nikmati saat musim hujan tiba.

1. Wedang jahe

Jahe memang sudah dikenal ampuh menghangatkan tubuh. Selain itu kandungan dalam jahe bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Jahe juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kalau nggak terlalu suka dengan rasa jahe yang terlalu kuat, kamu bisa menambahkan madu atau perasan lemon.

2. Bandrek

Bandrek merupakan minuman asal Jawa dan Sumatra. Rasanya yang nikmat banyak digemari masyarakat Indonesia. Minuman ini enak jika diminum saat hangat.

Cara membuatnya tidak sulit, rebus serai bersama dengan jahe, daun pandan, gula merah, garam dan sedikit lada. Tuang ke gelas dan tambahkan susu kental manis. Jika suka dengan telur ayam kampung maka dapat ditambahkan ke dalam bandrek.

Baca Juga :
Mr Green Production dan CCBC Hadirkan Festival Makan Enak Makassar di Mal Phinisi Point

3. Coklat panas

Coklat memang sudah dikenal dapat mengatasi stress, merilekskan pikiran dan meredakan amarah. Rasanya yang manis banyak disukai banyak orang baik perempuan maupun laki-laki.
Fungsi coklat panas selain bisa menghangatkan tubuh di musim hujan, juga dapat memperkuat ingatan, memperbaiki mood, menyehatkan jantung dan sebagai antioksidan.

4. Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional asli daerah Imogiri, Yogyakarta. Minuman ini terbuat dari tanaman herbal seperti jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, pala, dan serai. Wedang uwuh dapat memberikan sensasi hangat di tubuh saat diminum dalam kondisi hujan atau saat santai di sore hari.

5. Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan salah satu minuman hangat cocok temani musim hujan yang mencampurkan dua budaya berbeda yaitu Tionghoa dan Indonesia. Secara internasional, wedang ini dikenal juga dengan sebutan Tang Yuan. Wedang Ronde berisi air jahe panas yang kemudian dicampur dengan gula kelapa atau gula arena yang disajikan dengan ronde, kacang tanah goreng, roti, dan lainnya. ronde sendiri merupakan bola-bola yang dibuat dari tepung ketan. Wedang ini adalah salah satu minuman yang cocok diminum saat cuaca sedang dingin.

Baca Juga :
Guna Meriahkan Ulang Tahun Ke-65, Bakmi GM Hadirkan Serangkaian Promo Menarik Sekaligus Menu Khas Shanghai

6. Teh tarik

Teh bisa disajikan saat cuaca dingin maupun panas. Teh tarik yang hangat bisa Anda nikmati saat cuaca dingin dan saat hujan. Teh tarik terkenal dari kawasan Melayu seperti Malaysia,Singapura, Aceh, dan Medan. (wol/berbagaisumber/syf/d2)