Desain Rumah Minimalis 6×10 M, Ekonomis dan Ideal

siaranrakyat – Desain rumah minimalis 6×10 m ini sangat ekonomis dan cocok untuk keluarga dengan jumlah keluarga yang ideal. Desain ini juga bisa menjadi solusi dari keterbatasan lahan di perkotaan. Meski terbilang rumah mungil, tapi mampu memberikan kenyaman bagi penghuni rumah dengan tata ruang yang baik.

Rumah ini terdiri dari satu lantai dengan kelengkapan ruang seperti carport, dua kamar tidur, ruang keluarga, dapur, kamar mandi dan ruang jemur di belakang rumah.

Bagi Anda yang membutuhkan inspirasi desain dan denah rumahnya, yuk langsung saja kita simak pembahasannya.

Tampilan Depan

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealRumah ini mengusung konsep minimalis sederhana yang didesain efisien dengan bentuk bangunan yang geometris dengan garis-garis lurus yang tegas. Material yang digunakan seperti beton, baja dan kaca memberikan sentuhan modern dan kontemporer pada desain rumah ini.

Pada desainnya rumah ini menggunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu dan hitam. Dengan pewarnaan seperti ini bisa memberikan kesan cerah dan tenang pada rumah.

Rumah ini juga memanfaatkan cahaya alami dengan optimal dikarenakan rumah ini menggunakan jendela yang besar, dengan demikian penggunaan listrik bisa lebih hemat dan suasana di dalam rumah jadi lebih segar dan nyaman.

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealUntuk atapnya, rumah ini menggunakan atap model pelana dengan genteng beton. Atap pelana merupakan tipe atap yang cocok untuk berbagai tipe rumah, terutama untuk rumah yang persegi. Sedangkan genteng beton merupakan bahan yang kuat, tahan lama dan estetis.

Jadi, menggunakan atap pelana dengan genteng beton merupakan pilihan cerdas dan estetik dalam desain arsitektur modern.

Interior

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealMasuk ke dalam rumah kita langsung disambut oleh ruang keluarga yang dikonsep open space dengan area makan dan dapur yang berukuran 5,5×3 m. Ruangan dengan konsep open space sangat membantu dalam memberikan kesan lega dan luas pada rumah dengan ukuran yang terbatas.

Baca Juga :
Lezat dan Mudah, Ini Resep Telur Dadar Khas Padang

Pada ruang keluarga dapat dilengkapi dengan sofa, coffe table dan set tv dengan kabinet penyimpanan yang banyak sehingga rumah tampak lebih rapi.

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealSedangkan pada area dapur menggunakan konsep minibar pada area makan. Konsep ini bisa menjadi solusi pada ruang yang terbatas. Pada dapurnya terdapat kitchen set minimalis dengan kelengkapan kompor, wastafel dan lemari penyimpanan.

Kamar tidur Utama

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealKamar ini berukuran 3×3 m dengan tinggi ruangan 3 meter. Dengan ukuran seperti ini, maka kamar bisa dilengkapi dengan bed queen size, lemari dan meja rias.

Pada kamar ini juga dilengkapi dengan jendela sebagai sumber sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang menghadap ke area cuci jemur di belakang rumah.

Kamar Tidur II

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealDari kamar tidur utama kita menuju ke kamar tidur II yang diasumsikan sebagai kamar anak. Kamar ini berukuran sedikit lebih kecil dari kamar sebelumnya yaitu 3×2,5 m dengan tinggi ruangan 3 meter.

Dengan ukuran seperti itu maka kamar bisa dilengkapi dengan bed double size yang berukuran 2×1,2 m, lemari pakaian dan meja belajar.

Adapun bukaan jendela pada kamar II ini menghadap ke area carport.

Area Cuci Jemur

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealRumah ini memiliki area cuci jemur di belakang rumah dengan ukuran 2×1,8 m. Area ini juga merupakan pusat dari sirkulasi udara dan pencahayaan alami pada rumah, sehingga rumah terasa lebih segar dan terang.

Baca Juga :
Savanna Sumatera Hadirkan Hunian Terjangkau Dengan Konsep Penghijauan

Kamar Mandi

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealDi samping area cuci jemur terdapat kamar mandi yang berukuran 2×1,2 m. Meski terbilang mungil tapi pada kamar mandi ini bisa dilengkapi dengan wastafel, kloset dan area shower.

Denah Rumah

Desain Rumah Minimalis 6x10 M, Ekonomis dan IdealRumah ini berdiri di atas lahan 6×10 m dengan konsep minimalis sederhana. Pada area depan terdapat carport yang berukuran 4,5×3 m. Kemudian ada area pedestrian yang dipadukan dengan taman berukuran 2,5×3 m.

Masuk ke dalam rumah kita mendapati ruang keluarga yang dikonsep open space dengan area makan dan dapur yang berukuran 5,5×3 m. Kemudian ada kamar tidur utama berukuran 3×3 m, kamar tidur II berukuran 2,5×3 m.

Di belakang rumah terdapat area cuci jemur yang berukuran 2×1,8 m dan kamar mandi berukuran 2×1,2 m.

Nah bagaimana, menarik bukan? Semoga desain rumah minimalis 6×10 m yang low budget ini bisa menginspirasi Anda dalam menentukan desain rumah impian. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan desain dan denah rumahnya. (wol/dk/d1)