Penggunaan Gadget Terlalu Lama Bisa Berakibat Insomnia, Berikut Penjelasan Dokter Ahli

siaranrakyat – Saat ini banyak orang tidak bisa lepas dari gadget. Seperti diketahui, gadget menjadi barang wajib di zaman masa kini. Banyak kegiatan dilakukan menggunakan gadget, mulai dari berselancar di media sosial, berbelanja, hingga menyelesaikan pekerjaan.

Namun bagi Anda yang kecanduan gadget harus hati-hati. Sebab gadget dapat menyebabkan insomnia lho. Terutama bagi kamu yang bermain gadget jelang tidur malam.

Dokter Spesial Mata, DR. dr. Trilaksana Nugroho, M.Kes, FISCM, SpM(K) mengatakan penggunaan layar gadget selain menyebabkan gangguan mata juga bisa menyebabkan insomnia.

“Insomnia gangguan tidur yang paling sering ditemukan, ternyata berhubungan dengan computer vision syndrome (CVS) atau digital eye strain digital eye strain,” ujar dr Trilaksana dalam Press Briefing Hari Penglihatan Sedunia 2023, Senin (10/10).

Terlalu lama main gadget sebabkan insomnia

Dokter Spesialis Mata Konsultan Neuro Oftalmologi Dr. dr. Antonia Kartika, SpM(K), M.Kes menjelaskan salah satu penelitian di Jepang menyebut sebanyak 67,24 persen gangguan dengan computer vision syndrome (CVS) ternyata mengalami kualitas tidur yang buruk.

Baca Juga :
Kepala Distrik Inanwatan : Warga Inanwatan Antusias Dukung Sosialisasi Seismig DI Imekko

“Hal ini disebabkan gelombang cahaya pendek yang dihasilkan oleh screen gadget akan menurunkan kadar melatonin,” tuturnya.

Lebih lanjut dr Antonia mengatakan hormon melatonin sendiri merupakan hormon dalam tubuh kita yang disekresikan atau dihasilkan pada malam hari yang fungsinya untuk mengatur siklus tidur.

“Insomnia menyebabkan performa hormon menurun kinerjanya, risiko juga terjadinya kecelakaan, kena gangguan mental health, dan juga penyakit lain seperti hipertensi dan jantung,” katanya.

Dokter Antonia menyebut penyakit hipertensi, jantung dan kencing manis ini bisa juga memiliki gangguan di mata atau yang dikenal dengan stroke saraf mata.

“Ini seperti lingkaran setan, lihat gadget terlalu lama, kemudian insomnia, kemudian hipertensi, dan gangguan mata menyebabkan stroke saraf mata,” ujarnya. (wol/okz/pel/d2)

Baca Juga :
Ini Cara Bedakan Centang Biru Instagram, Asli atau Berbayar