Wisata  

Tidak Sediakan Kotak Infaq, Ini Sejarah Masjid Haji Maraset

MEDAN, siaranrakyat ? Masjid Haji Maraset merupakan salah satu masjid tertua dan bersejarah di Kota Medan, Sumatera Utara. Masjid ini masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Masjid yang terletak di Jalan Sei Deli No.139, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan ini didirikan sebelum kemerdekaan yaitu pada tahun 1930 oleh Haji Maraset Parinduri.

“Haji Maraset adalah orang kaya di Kota Medan yang bekerja sebagai pedagang. Karena kekayaan itulah maka mendirikan masjid ini,” ucap Cicit dari Haji Maraset Parinduri, Anwar Effendi Nasution, Sabtu (14/10).

Dijelaskan, Masjid Haji Maraset tidak menggunakan kotak infaq karena ada amanah dari nenek-nenek kami bahwa Haji Maraset adalah orang kaya. Jadi ada rumah kontrakan yang ditinggalkan untuk membiayai masjid. “Kalaupun mau bersedekah jamaah bisa memberi kepada Imam Shalat atau bisa juga ke tukang sapu,” kata pria berusia 67 tahun itu.

Baca Juga :
9 Minuman Khas Nusantara Yang Banyak Khasiat

Lebih lanjut, Ayah dari tiga orang anak ini mengatakan yang menggambar konsep masjid ini orang Belanda dan dikerjakan oleh orang china. Konsep dari untuk model jendelanya berkonsep spanyol.

“Dahulu pendopo yang di bagian depan merupakan kolam tempat jamaah ambil air wudhu. Tahun 1970-an ditutup seiring dengan telah dibuatnya kamar mandi,” ungkapnya.

Tidak Sediakan Kotak Infaq, Ini Sejarah Masjid Haji Maraset
Masjid Haji Maraset terletak di Jalan Sei Deli No. 139, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. (WOL Photo)

Selain masyarakat sekitar, yang singgah datang untuk sholat di masjid Haji Maraset ini ada yang dari Aceh dan Kota Binjai. “Sudah lebih banyak orang luar karena di wilayah sekitar masjid sudah lebih banyak perkantoran,” jelasnya

Selain dari ibadah sholat lima waktu, kegiatan yang diadakan masjid Masjid Haji Maraset adalah buka bersama dan tadarusan saat bulan Ramadhan tiba.

Demikian ia berharap semoga jamaah sholat di Masjid Haji Maraset ini semakin ramai saja untuk ke depannya.

Baca Juga :
Tingkatkan Kunjungan Wisman, Disbudparekraf Sumut dan LADA Malaysia Gelar Famtrip

Salah satu Jamaah, Ramadhan, mengatakan suasana Masjid Haji Maraset ini sejuk dan nyaman. Dalam seminggu bisa empat kali Ibadah sholat dzuhur di masjid ini. “Sembari istirahat dari pekerjaan juga,” ucapnya (wol/syf/d1)

Editor: Ari Tanjung