Awas! Sering Scrolling di Medsos Pertanda Anda Kecanduan Gadget, Begini Penjelasan Prof Ridha

MEDAN, siaranrakyat – Saat ini ketergantungan manusia terhadap gadget seakan sulit terpisahkan di tengah perkembangan informasi dan teknologi.

Bahkan tak jarang kita kerap membuka gadget kendati tak ada notifikasi yang masuk ke dalam beranda handphone.
Scrolling selalu dilakukan untuk mencari-cari sesuatu hal yang kadang tidak begitu diperlukan.

Ternyata kebiasaan ini adalah bentuk dari kecanduan gadget.

Hal itu diungkap Inisiator Gerakan Gadget Sehat Indonesia (GGSI) Prof Dr dr. Ridha Dharmajaya Sp.BS (K).

“Ciri awal dari kecanduan gadget adalah kita senantiasa ingin melihat gadgetnya. Misalnya seperti ini, sekarang ini gak ada notifikasi apapun, gak ada bunyi apapun tapi kita ingin buka gadget. Sebentar-sebentar rasanya ingin pegang gadget. Nah ini yang membuat waktu banyak tersita,” ujar Prof Ridha.

Baca Juga :
Kurang Tidur Timbulkan Berbagai Penyakit, Olahraga Solusinya

Kenapa? sambung Prof Ridha lagi, karena setelah membuka aplikasi dan masuk ke apkikasi karena gak tau mau cari apa yang ada cuma scrolling di media sosial.

“Scrolling, scrolling, scrolling, waktu scrolling kita merasa semuanya harus ditonton akhirnya kita lihat video-video itu yang bahkan gak ada hubungannya,” tuturnya.

Akibatnya lanjut Prof Ridha, kita tidak sadar bahwa waktu kita telah habis berjam-jam di depan gadget yang ini juga tentu berdampak akan kesehatan baik itu fisik maupun mental.

“Jadi jangan lalai dengan itu. Agar menghindari scrolling yang gak perlu, langsung saja masuk ke mesin pencarian google dan langsung keluar setelah selesai,” ungap Prof Ridha sembari berpesan untuk lebih bijak menggunakan gadget agar terhindar dari penyakit. (wol/rls/pel/d2)

Baca Juga :
Rencanakan Keuanganmu dari Sekarang, Kebutuhan Masa Depan tak Ada yang Tau

Editor AGUS UTAMA