Benarkah Mandi Air Panas Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Faktanya

siaranrakyat – Berat badan berlebih seringkali mengganggu bagi sebagian orang, karena membuat tidak percaya diri dan susah memilih model pakaian yang ingin dikenakan.

Tidak heran jika banyak orang yang melakukan program diet demi memperoleh berat badan yang ideal.

Dalam menjalani program diet, banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari makan secukupnya, memperbanyak konsumsi serat, meminum air putih secara rutin, menghitung kebutuhan kalori dan masih banyak lagi.

Selain itu, mandi atau berendam dengan air panas menjadi salah satu kegiatan yang juga diklaim bisa menjadi cara untuk menurunkan badan.

Studi Mengenai Mandi Air Panas Bisa Menurunkan Berat Badan

Melansir dari Daily Mail, pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Steve Faulkner dan timnya di Universitas Loughborough dan Leicester, menemukan hasil mengejutkan bahwa berendam air panas memang bisa menurunkan berat badan.

Fakta tersebut ditemukan ketika para peneliti sedang mencari alternatif olahraga yang dapat mengendalikan diabetes tipe 2.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti membandingkan antara mandi air panas dengan bersepeda dalam waktu yang sama. Dari situlah mereka kemudian menemukan bahwa menghabiskan satu jam berendam air panas lebih efektif dalam menurunkan kadar gula daripada bersepeda.

Mengapa Berendam Air Panas Bisa Membakar Kalori?

Berendam dalam air panas dapat membakar rata-rata 126 kalori dalam satu jam, jumlah tersebut sama dengan melakukan 25-30 menit berjalan. Hal ini karena panas pasif seperti mandi dapat meningkatkan pembakaran kalori seseorang.

Baca Juga :
Roxit Gym Solusi Jaga Pola Hidup Sehat Melalui Rutinitas Olahraga

Selain itu, mungkin juga karena adanya heat shock protein yang dihasilkan saat berolahraga dan berendam air hangat. Heat shock proteins adalah molekul yang dihasilkan oleh semua sel tubuh manusia sebagai respon terhadap tekanan.

Berendam di air panas dengan suhu sekitar 60 derajat Celcius dapat menaikkan suhu tubuh hingga sekitar satu derajat.

Para peneliti meyakini bahwa peningkatan suhu inti tubuh inilah yang kemudian membantu pembakaran kalori.

Meskipun demikian berendam air panas tidak bisa seutuhnya menjadi pengganti olahraga.

Pasalnya diet bukan hanya soal kalori saja, namun juga perlu membentuk otot dan menjaga kebugaran tubuh agar berat badan selalu stabil.

Oleh sebab itu, berendam air panas untuk menurunkan berat badan tetap harus dibarengi dengan olahraga rutin dan menjaga pola makan sehat.

Water Heater Gas Ariston Bantu Penuhi Kebutuhan Air Panas dengan Cepat

Menyiapkan air panas untuk berendam kini tidak akan terasa merepotkan lagi karena ada Water Heater Gas Ariston yang dapat memanaskan air secara cepat dengan bertenaga gas terbaik.

Water heater milik Ariston ini hadir dengan kapasitas tangki yang besar dan dilengkapi katup gas yang memiliki tiga jenis keamanan.

Baca Juga :
Kolaborasi The Palace Jeweler & Pendopo Gelar Fashion Show di Festival Buleleng 2023

Pemasangan water heater inipun juga fleksibel, Anda tidak perlu khawatir jika berada di daerah terpencil, di daerah tekanan air rendah ataupun ingin memasangnya di dapur silinder karena Water Heater Gas Ariston tetap dapat bekerja dengan baik dan efisien.

Dengan sederet keunggulan tersebut, tidak heran jika Ariston yang telah berpengalaman dalam produk pemanas air selama 90 tahun dinobatkan menjadi brand water heater nomor 1 di dunia dari Italia.

Tidak hanya water heater yang bertenaga gas saja, Ariston juga menawarkan berbagai jenis dan varian water heater seperti water heater bertenaga listrik dan bertenaga surya. (*)