Daftar Kopi Termahal di Dunia, Ada Dari Indonesia!

siaranrakyat – Kopi menjadi salah satu minuman favorit sebagian besar orang. Uniknya minuman ini hampir dikonsumsi rutin setiap harinya. Namun tahukah Anda bahwa kopi memiliki kisaran harga yang berbeda-beda?

Ada beberapa faktor yang membuat kopi sampai pada harga tertinggi, diantaranya karena tempat tumbuhnya yang unik dan cara pengolahannya. Berikut daftar lima kopi termahal di dunia dilansir dari laman resmi The Manual pada Minggu (24/9/2023).

1. Kopi Molokai

Kopi Hawaii ini berasal dari pulau kecil yaitu Molokai dan baru di komersialkan pada 1980-an. Untuk menikmati kopi ini kamu harus merogoh kocek sebesar 60 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp922 ribu per ponnya.

Kopi Molokai pertama kali diluncurkan oleh seorang pedagang Jerman pada pertengahan 1800-an. Hal yang membuat kopi ini mahal karena tumbuh subur di tanah vulkanik sehingga menghasilkan aroma dengan rasa yang kaya.

2. Saint Helena

Tumbuh di pulau Saint Helena yang kecil dan relatif terpencil di Atlantik Selatan, menjadikan kopi ini langka dan banyak diidamkan-idamkan. Saint Helena menjadi kopi mahal karena biji kopinya sulit ditanam dan diproses. Untuk menikmatinya kamu harus membayar sebanyak 145 dolar AS atau sekitar Rp2.2 juta per ponnya.

Baca Juga :
Mr Green Production dan CCBC Hadirkan Festival Makan Enak Makassar di Mal Phinisi Point

3. Finca El Injerto

Kopi mahal yang satu ini berasal dari satu kebun kopi yang dicangkokkan dari lahan yang dulunya kebun tebu. Biji kopi dari Guatemala ini tumbuh di atas ketinggian lebih dari 5.500 kaki di atas permukaan laut. Perponnya di jual seharga 500 dolar AS atau sekitar Rp7.6 jutaan.

4. Kopi Luwak

Kopi luwak ternyata punya tingkatannya tersendiri, yang paling mahal prosesnya melalui buah kopi berfermentasi saat melewati musang dan kucing asli hutan tropis. Sehingga kopi luwak bisa mendapatkan harga tertinggi senilai 600 dolar AS atau sekitar Rp9.227.000.

5. Kopi Black Ivory

Terakhir yang masuk kedalam kopi paling mahal di dunia adalah Kopi Black Ivory yang berasal dari Thailand Utara. Kopi ini dihargai sebesar 1.500 dolar AS atau sekitar Rp23 jutaan perponnya adalah prosesnya yang unik.

Baca Juga :
Guna Meriahkan Ulang Tahun Ke-65, Bakmi GM Hadirkan Serangkaian Promo Menarik Sekaligus Menu Khas Shanghai

Pertama kacang yang melewati saluran pencernaan gajah, di mana mereka diaktifkan oleh kelompok enzim tertentu sehingga membuat kacang tersebut halus dan beraroma. Proses tersebut cukup rumit dan hanya menghasilkan sedikit saja biji utuh, karena gajah cenderung memecahnya jadi wajar saja jika kopi ini dihargai sangat mahal. (okezone.com)