Komitmen PaperOne Terhadap Keberlanjutan: Dampak Positif untuk Alam, Iklim, dan Masyarakat

siaranrakyat – Keberlanjutan telah menjadi perhatian utama di berbagai sektor dalam beberapa tahun terakhir, dan bisnis tidak terkecuali. Perusahaan besar seperti PaperOne, yang dikenal sebagai salah satu produsen utama produk kertas dan pulp, telah memperlihatkan komitmen kuat terhadap prinsip-prinsip keberlanjutan. Komitmen ini tidak hanya memiliki dampak positif pada lingkungan, tetapi juga pada iklim dan masyarakat secara lebih luas.

PaperOne telah mewujudkan komitmennya terhadap keberlanjutan melalui serangkaian tindakan konkret, yang berdampak positif pada alam dan ekosistem. Salah satu langkah penting yang diambil oleh perusahaan ini adalah pengelolaan hutan secara berkelanjutan. Paperone telah berinvestasi dalam praktik-praktik kehutanan yang bertanggung jawab, termasuk kehutanan lestari, pemulihan hutan, dan perlindungan terhadap hutan hujan tropis yang penting bagi biodiversitas global.

Dampak positif lain yang signifikan adalah perubahan dalam jejak karbon perusahaan ini. Paperone telah memprioritaskan pengurangan emisi karbon melalui inovasi teknologi produksi yang lebih efisien dan peningkatan penggunaan energi terbarukan. Hasilnya adalah penurunan yang signifikan dalam emisi karbon per ton produk, yang berkontribusi pada upaya global untuk mengatasi perubahan iklim.

Komitmen PaperOne terhadap keberlanjutan juga tercermin dalam upaya perusahaan untuk menghasilkan produk kertas dan pulp yang lebih berkelanjutan. Mereka terus berinovasi dalam penggunaan serat kayu sumber daya yang dikelola dengan baik, serta mencari alternatif serat non-kayu untuk mengurangi tekanan pada hutan alam.

PaperOne-
Komitmen PaperOne Terhadap Keberlanjutan Alam (HO)

Tidak hanya berfokus pada aspek lingkungan, PaperOne juga telah mengambil langkah-langkah proaktif dalam mendukung masyarakat di sekitarnya. Ini termasuk program-program tanggung jawab sosial perusahaan yang mendukung pendidikan, kesehatan, dan pembangunan ekonomi di komunitas sekitar pabrik-pabriknya. Dengan melakukan ini, PaperOne berperan aktif dalam memajukan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya.

Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), unit operasional APRIL Group, Sihol Aritonang mengatakan PaperOne menghadirkan rangkaian produk kertas bermutu yang terbuat dari 100% serat terbarukan dan menawarkan solusi terbaik untuk keperluan cetak dan copy. Kertas terbuat dari bubur kayu (pulp) yang dihasilkan dari pohon yang ditebang dalam kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI).

Baca Juga :
Partisipasi UMKM Binaan Pelindo Regional 1 dalam Pagelaran Sumut Fashion Week 2023

?Terkadang, persepsi tentang produksi hingga penggunaan kertas dianggap negatif oleh sebagian orang. Padahal, dengan pengelolaan yang tepat, mulai dari pengelolaan hutan berkelanjutan sebagai sumber utama bahan baku kertas, proses produksi yang ramah lingkungan, hingga pemanfaatan kertas yang telah terpakai atau daur ulang, semua hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif,? kata Sihol melalui rilis yang diterima Waspada Online, Kamis (5/10).

Diakui, Grup APRIL sebagai produsen PaperOne memiliki program komitmen berkelanjutan APRIL2030, yaitu komitmen untuk memberikan dampak positif bagi alam, iklim, serta pengembangan masyarakat dengan tetap menjadi perusahaan yang terus tumbuh dan senantiasa memperhatikan aspek keberlanjutan.

?Visi jangka panjang berkelanjutan ini meliputi target untuk menurunkan emisi karbon secara drastis dan mencapai nol emisi karbon dari penggunaan lahan, memastikan tidak adanya area konservasi dan restorasi yang hilang, mendukung area lanskap berkembang di mana proses produksi APRIL hanya akan menggunakan bahan dari sumber terbarukan untuk melindungi hutan dan keanekaragaman hayati, kemajuan inklusif untuk masyarakat serta pertumbuhan berkelanjutan,? ujarnya.

“Kami percaya bahwa prinsip-prinsip Pengelolaan Hutan Berkelanjutan adalah bagian penting dari solusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dan memberi manfaat sosial dalam jangka panjang bagi bangsa Indonesia. Momen 25 tahun PaperOne ini semakin memantapkan komitmen kami untuk menghasilkan kertas berkualitas tinggi dengan dampak serendah mungkin pada lingkungan,” katanya lagi.

Langkah-langkah PaperOne dalam mendukung keberlanjutan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri, tetapi juga merupakan contoh inspiratif bagi industri lain. Mereka membuktikan bahwa bisnis yang beroperasi dengan mempertimbangkan planet ini dan masyarakat dapat tetap menguntungkan dan sukses.

Baca Juga :
Kolaborasi The Palace Jeweler & Pendopo Gelar Fashion Show di Festival Buleleng 2023

Komitmen PaperOne terhadap keberlanjutan adalah contoh nyata bagaimana sebuah perusahaan dapat memainkan peran penting dalam menjaga alam, mengurangi dampak iklim, dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Langkah-langkah yang mereka ambil menjadi inspirasi bagi industri lain untuk mengikuti jejak yang sama. Dalam era di mana keberlanjutan menjadi semakin penting, tindakan seperti ini adalah langkah yang sangat diperlukan untuk menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Sementara itu, PT Datascrip selaku distributor PaperOne, juga berkomitmen untuk terus mendukung dan memasarkan produk kertas berkualitas premium yang dihasilkan dari sebuah proses panjang yang ramah lingkungan, sambil tetap berkontribusi dan bersumbangsih bagi kemajuan dan pengembangan masyarakat sekitar.

?Kami merasa bangga menjadi bagian PapeOne sebagai distributor yang telah berkiprah sejak 25 tahun yang lalu. Selain menghadirkan produk kertas kualitas premium, PaperOne sebagai brand kertas kelas dunia juga memberikan sumbangsih kepada negara dengan memberikan dampak positif bagi alam, iklim, serta pengembangan masyarakat,? ujar Sylvia Lionggosari selaku Direktur Bisnis Unit PT Datascrip. (wol/ari/d2)